Sambut HUT Lahat ke-154, Forum Kades Kabupaten Lahat Sampaikan Program Bupati Lahat Dirasakan Masyarakat

Sambut HUT Lahat ke-154, Forum Kades Kabupaten Lahat Sampaikan Program Bupati Lahat Dirasakan Masyarakat

Forum Kepala Desa Tingkat Kabupaten Lahat menggelar jumpa pers program Bupati Lahat dan Wakil Bupati Lahat yang dirasakan masyarakat Kabupaten Lahat.--

Kepedulian Bupati Lahat dalam memberikan akses jalan kepada penduduk transmigrasi, berujung pada Bupati Lahat Cik Ujang SH menerima penghargaan dari Kementerian PDTT.

“Jalan yang diaspal oleh Bupati Lahat membantu masyarakat dalam mengangkut hasil pertanian. Jika selama ini masyarakat kesulitan mengangkut hasil pertanian, namun saat ini sangat mudah sekali,” terangnya.

Bantuan Bibit Ikan dan Perternakan

Kades Nilwan juga mengatakan, program Bantuan Bibit Ikan bagi sejumlah desa dari Bupati Lahat Cik Ujang SH, turut dirasakan oleh masyarakat.

Termasuk bantuan ternak Sapi dan Kambing yang ada di wilayah Kecamatan Gumay Ulu. 

ADD Naik 8 Persen

Dikatakan Nilwan, desa sangat merasakan adanya kenaikan Anggaran Dana Desa (ADD) dari 6 persen menjadi 8 persen dari APBD Kabupaten Lahat.

Dari total APBD yang ada, jika dikalkulasikan, setiap desa menerima ADD pertahun berkisar Rp500 jutaan. Setiap desa menerima dana ADD berbeda beda. Tergantung dari jumlah dusun dan perangkat desa setiap desa. Ada desa yang jumlah kadusnya hanya 2 orang, ada juga 7 orang. ADD digunakan juga untuk membayar gaji kades, perangkat desa, BPD, dan lain lain.

Pemberian Makanan Tambahan Bagi Balita

Dari dana ADD yang dikuncurkan Pemerintah Kabupaten Lahat, desa desa yang menggelar Posyandu dapat memberikan Makanan Tambahan kepada Balita. Seperti telur, susu, dan sebagainya.

Nah, dari sejumlah program yang sudah terealisasi itu, ada juga sejumlah harapan kedepan agar Bupati Lahat dapat merealisasikan program air bersih melalui PDAM Lahat.

Nilwan, didampingi Pirmansyah Sekretaris Forum Kepala Desa Kabupaten Lahat, sekaligus Ketua Forum Kepala Desa Kecamatan Merapi Barat, Ketua Forum Kepala Desa Kecamatan Gumay Ulu Ruismanto, Ketua Forum Kepala Desa Kecamatan Sukamerindu Yudi Hassni, Aldino Ihsan, Tanseri Gasali, Ujang Suri,  Andre dan Radius Prawira. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahat