Dinas TPHP Lahat Ambil Sampel Ubinan Titik KSA Desa Pulau Pinang, ini Hasilnya

Dinas TPHP Lahat Ambil Sampel Ubinan Titik KSA Desa Pulau Pinang, ini Hasilnya

Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan (TPHP) Kabupaten Lahat melakukan pengambilan sampel ubinan titik KSA (Kerangka Ubinan Area) di Desa Kuba Kelompok Tani Sinar Harapan yang diketuai Aldin, Jumat 7 April 2023.--

BACA JUGA:24 Ruas Jalan Tol akan Dibangun di Sumatera, Penghubung Aceh - Lampung

Metode ini bukan merupakan pendekatan pemetaan melaikan pendekatan dengan kaidah kaidah statistik. Seiring dengan pesatnya kemajuan teknologi, komputer, sistem informasi geografis, dan sistem komuniasi. Pendekatan KSA ini juga sangat berkembang dalam hal penggunaannya.

Ubinan adalah cara untuk melihat perkiraan hasil panen tanaman padi atau palawija melalui titik sampel dengan cara diukur dengan ukuran 2,5 x 2,5 m2 yang kemudian hasilnya diukur dan ditimbang.

Hasil inilah dapat dijadikan dasar dalam penentuan produksi dalam 1 hektar.

“Tujuan dari pengambilan sampel ubinan ini adalah untuk mengetahui perkiraan hasil produksi tanaman dalam luasan 1 hektar,” jelasnya.

Panen padi pada musim tanam Okmar (Oktober-Maret) di Kabupaten Lahat ini insya allah hasilnya meningkat, berkat kerja keras petani, iklim mendukung, bimbingan dari penyuluh lapangan dan bantuan dari pemerintah. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: