Pemda Lahat

Berikut Enam Air Terjun Yang Wajib Dikunjungi Ketika Berwisata di Kota Pagar Alam

Berikut Enam Air Terjun Yang Wajib Dikunjungi Ketika Berwisata di Kota Pagar Alam

Penampakan salah satu dari enam air terjun di Kota Pagar Alam yang wajib dikunjungi-Wahyu/LAHATPOS.CO (Dok)-

LAHATPOS.CO, Pagar Alam- Kota Pagaralam terkenal dengan potensi pariwisatanya yang banyak dan asri serta keindahan Gunung Dempo yang menjadi identitas Kota Pagaralam. Dikelilingi lahan kebun teh yang luasnya berhektar-hektar yang dapat memanjakan mata dengan keindahannya. Termasuk juga wisata Air Terjun yang banyak dan masih terjaga keasrianya dan kealamiannya yang dapat menjadi salah satu destinasi wisata yang dapat kamu kunjungi saat berada di Kota Pagaralam. 

Dilansir dari berbagai sumber. Kota Pagaralam mendapat julukan “Kota 1000 Air Terjun” yang terdapat banyak sekali air terjun atau masyaraka Pagaralam menyebutnya dengan sebutan Cughup / curup. Inilah air terjun yang wajib dikunjungi saat berada di Kota Pagaralam. 

1. Air Terjun Embun

Air terjun ini memiliki pesona alam yang indah. Terletak di sebelah timur kaki Gunung Dempo, tepatnya ada di Keluarahan Curup Jare, Desa Dempo Makmur, Kecamatan Pagar Alam Utara, Pagar Alam. Untuk sampai lokasi, jika berangkat dari Kota Pagar Alam hanya sekitar 15-20 menit. Untuk menuju ke air terjun, pengunjung harus menaiki ratusan anak tangga. Tetapi, rasa lelah tergantikan dengan persembahan alami yang mempesona yang ada di sini.

Tinggi air terjunnya sekitar 80 m dengan intensitas air yang tidak begitu deras dan hal itu menjadikan kolam yang terbuat secara alami dapat digunakan oleh pengunjung untuk berenang dan menikmati kelembapan air yang jatuh dari tepi tebing.

Selain itu, ada banyak kegiatan yang dapat dilakukan oleh pengunjung ketika mengunjungi tempat ini, seperti bersantai di pondok-pondok di tepi sungai dan juga dapat menikmati air pegunungan yang mengalir di sepanjang sungai.

2. Air Terjun Besemah Mingkik

Berjarak sekitar 25 km dari Kota Pagar Alam, keberadaan air terjun ini tepatnya ada di Kelurahan Atung Bungsu, Desa Mingkik, Kecamatan Dempo Selatan, Pagar Alam. Dengan ketinggian air terjun sekitar 100 m, kita bisa menikmati keindahan panorama sekeliling yang indah dan dari air yang terjun bebas. Selain itu, angin segar dan udara sejuk serta hutan yang alami akan mendamaikan suasana hati.

3. Air Terjun Lematang Indah

Air terjun ini terletak di Kecamatan Dempo Utara, Pagar Alam. Dengan ketinggian sekitar 40 m dan pancurannya yang hanya setinggi sekitar 20 m, keistimewaan yang dimiliki air terjun ini adalah keterjangkauan lokasinya yang mudah diakses. Jadi, tidak heran jika Air Terjun Lematang Indah adalah salah satu lokasi wisata yang paling banyak dikunjungi.

Di sini, kita dapat melakukan aktifitas bermain arung jeram sepanjang 50 m. Uniknya, ketika bermain arung jeram, kita akan melewati sebuah penderesan seperti air terjun yang airnya langsung jatuh ke sungai dengan aliran deras dan berkedalaman lebih dari dua meter. Maka dari itu, pengunjung tidak diizinkan berenang di area penderesan tersebut.

Meskipun begitu, kita masih dapat menikmati panorama alam yang masih begitu alami.

4. Air Terjun Mangkok

Air Terjun Mangkok atau sering disebut Curup Pancur yang letaknya berada tepat di bawah kaki Gunung Dempo, Desa Dempo Makmur, Kecamatan Pagar Alam Utara, Pagar Alam adalah salah satu wisata air terjun di Pagar Alam yang memiliki ketinggian sekitar 100 m. Sehingga, aliran yang dihasilkan mirip dengan pancuran raksasa dan airnya sangat dingin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: