Mengabdi Kampung Halaman Adalah Kewajiban, Bayu Arjuka Lulusan S2 Australia Siap Menjadi Bacaleg 2024

Mengabdi Kampung Halaman Adalah Kewajiban, Bayu Arjuka Lulusan S2 Australia Siap Menjadi Bacaleg 2024

Bayu Arjuka Taufiq SH, MITL Bakal Calon Legislatif Kota Pagar Alam --

LAHATPOS.CO, Pagar Alam- Pemilihan Legislatif (Pileg) tinggal menghitung hari. Beberapa pengagum rahasia para Calon Legilatif (Caleg) bermunculan. Seperti yang diperlihatkan oleh sosok pemuda yang sangat berperan aktif dalam membidangi beberapa organisasi di Kota Pagar Alam, dia adalah Bayu Arjuka Taufiq SH, MITL.

Sosok pemuda berusia 38 tahun ini merupakan putra pertama dari dari pasangan bapak dr. Hi.Taufiqurrahman Rahim Sp.Og (K) dan ibu dr.Hj.Ida Fitriati Basjuni M.kes (Wali Kota Pagar Alam Periode 2013-2018).

Bicara soal jenjang karir pendidikan, pria kelahiran 24 Juli 1984 ini merupakan jebolan dari Fakultas Hukum Universitas Islam Bandung, lalu melanjutkan pendidikan S2 di University Technology of Sydney Australia dan meraih gelar Master International Trade Law di tahun 2008.

Bayu pun pernah mengukir sejarah dalam lomba penyusunan Perda ketika dirinya masih berstatus sebagai mahasiswa di Fakultas Hukum Universitas Islam Bandung, ia berhasil menjadi juara terbaik ke dua kala itu.

Saat selesai menjalankan karir pendidikannya, di tahun 2009 Bayu Arjuka memutuskan untuk kembali ke Indonesia. Kala itu CEO dari Villa D'Cabin ini mulai menempuh pelatihan khusus profesi Advokat dan lulus test sebagai angggota Peradi. Dirinya sempat magang di kantor advokat Erlandi Djelipanglima SH di Bandar Lampung sebelum akhirnya bergabung di Bank Sumsel Babel pada tahun 2010.

Dalam dunia olahraga, Bayu merupakan nahkoda dari organisasi Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Kota Pagar Alam, Bayu mencetak prestasi dibidang olahraga tersebut dengan membawa harum nama Kota Pagar Alam, melalui atlet sepeda dengan meraih medali perunggu di Porprov OKU Raya di tahun 2021.

Tak hanya itu, Bayu juga berhasil menyelenggarakan beberapa event olahraga sepeda di Kota Pagar Alam, mulai dari event bertarap biasa sampai ke event bertarap Nasional dengan menggunakan kantong pribadi. Saat ini bayu juga membentuk club sepeda DCT_Pagar Alam, agar potensi-potensi atlet di Pagar Alam dapat berkembang. Mencoba hobi baru Bayu pun mulai melirik olahraga E-sport, dan saat ini dirinya telah membentuk club olahraga Deco Esport.

Dalam dunia organisasi, Bayu sendiri pernah menjabat sebagai sekretaris umum Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) DPC Kota Pagar Alam di tahun 2013. Di saat bersamaan ia dan istrinya merintis usaha kecil Loli Laundry. Dan juga menjadi pengurus Yayasan Ar-Rahimiyah Pesantren Dempo Darul Mutaqqien Tanjung Menang Dempo Selatan sebagai Bendahara. Yayasan yang di dirikan oleh alm. HM. Kafrawi Rahim.

Tak hanya itu, pada tahun 2018 saat dirinya mengundurkan diri dari Bank Sumsel Babel cabang Pagar Alam, Bayu mencoba membuka Semantung Farm sebuah peternakan ayam closed house di Desa Benua Keling, Kecamatan Dempo Selatan. Usahanya di dunia bisnis tidak bisa dianggap remeh. Melalui usahanya ia berkontribusi penuh kepada Pagar Alam, sedikitnya ia berhasil mengurangi angka pengangguran di Kota Pagar Alam.

Kembali ke daerah asal setelah merantau jauh bukanlah hal yang memberatkan baginya. Bapak satu anak ini sadar mengabdi kepada orang tua dan kampung halaman adalah kewajibannya. Saat itu Bayu menemani ibunda nya yang bertugas di Pagar Alam saat menjabat sebagai Wakil Wali Kota Pagar Alam

Saat ditanya, apa alasannya untuk terjun kedalam dunia politik ? Jawab Bayu, darah politik dan pejuang sudah sangat kuat mengalir ditubuhnya, terlihat dari garis alm. Kakeknya yakni H. Abdul Rahim yang saat itu merupakan anggota DPR dari Partai Masyumi, dan juga beliau merupakan salah satu seorang pejuang kemerdekaan.

"Bakwo saya HM . Kafrawi Rahim juga orang berpolitik dan beliau pernah menjabat sebagai Bupati lahat periode 1988-1993 sekaligus anggota DPD RI 2004-2009, dan saya juga keponakan dari Hj.Nurbaiti Rahim Anggota DPRD Kota Pagar Alam 2013-2018. Hal tersebutlah membuat saya untuk memberanikan diri terjun ke dunia politik," ujarnya, Senin 20 Maret 2023.

Ketika di tanya lagi, mengapa baru sekarang masuk ke dunia politik ? bayu menjawab, kalau dulu masih mencoba untuk belajar lebih banyak lagi dalam dunia perpolitikan. "Sekarang saya sudah siap, kalau kemarin saya merasa saya masih kurang siap," ucapnya di sela-sela obrolan santai sembari menikmati secangkir kopi hitam.

Soal visi dan misi dalam mencalonkan diri sebagai Legislatif di tahun 2024 nanti, Bayu megungkapkan, bahwa selama ini dirinya sedikit resah melihat kondisi generasi muda di Pagar Alam yang tidak dikasih ruang untuk mengembangkan kreatifitasnya. Padahal Kota Pagar alam adalah Kota yang kreatif dan diisi oleh anak-anak muda yang produktif yang mempunyai nilai jual yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: