Ini Lho yang Dimaksud Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Diraih Kabupaten Lahat

Ini Lho yang Dimaksud Penghargaan Universal Health Coverage (UHC) Diraih Kabupaten Lahat

Bupati Lahat Cik Ujang SH saat menerima penghargaan Universal Health Coverage.-Foto : IST-For Lahatposco

LAHATPOS.CO, Lahat - Santer pemberitaan mengenai Pemerintah Kabupaten Lahat meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC). 

Penghargaan itu diserahkan langsung oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian kepada Bupati Lahat Cik Ujang SH di Balai Jakarta Selasa 14 Maret 2023.

Namun apa sih penghargaan Universal Healt Coverage yang diterima oleh Kabupaten Lahat ? 

Penghargaan UHC (Universal Health Coverage) sendiri secara garis besar merupakan bentuk apresiasi pemerintah terhadap layanan kesehatan yang accessable atau mudah diakses bagi semua pihak di daerah baik di kabupaten maupun provinsi. 

Mencakup apa saja UHC ? 

UHC (Universal Health Coverage) bukan hanya mencakup kesehatan perorangan, namun juga dalam hal mengupayakan kesehatan masyarakat termasuk promosi kesehatan, penyediaan air bersih, pengendalian nyamuk, dan sebagainya. 

UHC bukan hanya mengenai peningkatan kesehatan, namun juga langkah menuju ekuiti, prioritasi pembangunan, serta inklusi dan kohesi sosial.

Penghargaan ini sendiri diberikan kepada 22 provinsi, 334 kabupaten dan kota yang telah mendukung Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) sebagai program strategis nasional dengan mendorong terwujudnya Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC) di Indonesia.

Dari 334 kabupaten tersebut, Kabupaten Lahat salah satunya yang berhasil meraih penghargaan Universal Health Coverage (UHC). 

Bicara mengenai hal ini tentu saja sejalan dengan program Pemerintah Kabupaten Lahat tentang Berobat Gratis yang selama ini sudah dirasakan oleh masyarakat Kabupaten Lahat.

Program yang sangat menyentuh ini akan menjadi ingatan jelas yang dirasakan diera kepemimpinan Cik Ujang SH dan H Haryanto SE MM. 

Seperti diketahui, Bupati Lahat Cik Ujang SH menerima piala penghargaan Universal Health Coverage (UHC), yang diserahkan langsung oleh Mendagri Muhammad Tito Karnavian di Balai Jakarta pada Selasa 14 Maret 2023.

Atas capaian ini, Pemerintah Kabupaten Lahat di era kepemimpinan Bupati Lahat Cik Ujang SH dan Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM berhasil membuktikan bahwa Lahat menjadi salah satu kabupaten yang terus mengupayakan Jaminan Kesehatan bagi seluruh elemen masyarakatnya. 

Dalam kesampatan Ini, Cik Ujang menyampaikan terima kasih, alhamdulillah Kabupaten Lahat berhasil menerima piala penghargaan Universal Health Coverage (UHC). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co