Meraih Mimpi Terbentuknya Kabupaten Kikim Area

Meraih Mimpi Terbentuknya Kabupaten Kikim Area

Forum Komunikasi Masyarakat Kikim Area (FKMKA) telah melakukan rapat Akbar Pada Hari Minggu 5/3/2023 -Foto : IST-For Lahatposco

LAHAT, LAHATPOS.CO - Masyarakat yang tergabung dalam Forum Komunikasi Masyarakat Kikim Area (FKMKA) telah melakukan rapat akbar, Minggu 5 Maret 2023. Terkait daerah otonomi baru (DOB) Kikim Area atau Bumi Seghepat Seghendi.

Sekaligus menyerahkan berkas atau dokumen baru kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lahat dalam hal ini Bupati Lahat, Cik Ujang SH.

Ketua FKMKA Kikim Area, Drs H Chozali Hanan MM, mengatakan betul, DOB Kikim Area sudah 15 tahun lamanya diajukan kepada Pemerintah Pusat untuk mekar dari Kabupaten Lahat.

Hanya saja, Presiden RI Ir Joko Widodo melakukan moratorium hingga tertunda, 

H Chozali Hanan menambahkan, secara umum dari persyaratan yang diajukan baik data penduduk, akademik, dan sarana prasarana telah terpenuhi.

"Tinggal menunggu Presiden RI membuka keran moratorium. Pemekaran Kikim Area bisa dilanjutkan lagi dan terwujud kabupaten baru," ungkapnya.

Dirinya menerangkan, untuk potensi alam yang ada di Kikim Area ini begitu kaya dengan penambangan minyak dan gas, perkebunan serta pertanian.

Sedangkan untuk ibukota kabupaten pun telah dipersiapkan sehingga percepatan pembangunan infrastruktur, segera terealisasi, seiring dengan perkembangan dari DOB Kikim Area.

Di tempat yang sama, Bupati Lahat, Cik Ujang SH menerangkan, sangat mendukung terbentuknya Kikim Area sebagai daerah baru, atau kata lain mekar dari Kabupaten Lahat.

"Kita semua berharap semoga keran moratorium dalam waktu dekat ini dibuka dan langsung ada action guna menindak lanjuti hasil kesepakatan bersama masyarakat Kikim Area," tukasnya.

Dirinya menambahkan, jangan sampai kekompakkan dan kebersamaan ini sifatnya hanya sebentar saja, terus dijaga dan dilestarikan agar semuanya berjalan dengan baik.

"Mari jaga semua apa yang sudah dikerjakan selama ini, sehingga Kikim Area dalam waktu dekat ini akan segera terwujud, berkat kekompakkan dari penduduknya," tegas Cik Ujang.

Terpisah, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lahat, Edwar menerangkan, sangat mendukung sekaligus mengapresiasi sekali dengan pemekaran DOB Kikim Area menjadi kabupaten baru.

"Potensi yang terkandung kaya akan sektor perkebunan, pertanian dan penambangan minyak dan gas bumi, sebagai sumber pemasukan bagi daerah," ulasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: pembentukan kabupaten kikim area