Pemda Lahat

Viral di Kabupaten Lahat mengenai cacar sapi, Berbahayakah? Cek disini selengkapnya

Viral di Kabupaten Lahat mengenai cacar sapi, Berbahayakah?  Cek disini selengkapnya

Sapi warga kerung Kabupaten Lahat yang terindikasi Terkana Cacar Sapi Foto : IST-Lahatposco-Novri yanto

BACA INI JUGA BOLEH ATAU TIDAK MASYARAKAT UMUM MEMASANG POLISI TIDUR??

 

Lahat, Lahatposco, Baru baru Ini viral di beberapa Media online yang mengenai 

Lumpy Skin Disease (LSD) atau bahasa umumnya dikenal dengan cacar sapi Yang Menyerang hewan Ternak di wilayah sumatera selatan, 

Bahkan belakangan di ketahui Penyakit ini mulai Sampai Ke kabupaten Lahat yang menurut informasi terjadi di Desa Kerung, Kecamatan Lahat Selatan, dimana pada sapi masyarakat disana sudah mulai terlihat,walaupun belum banyak menyebar, hanya saja pada tubuh hewan ternak menunjukan banyak sekali bentol-bentol yang diduga Penyakit dimaksudkan.

Namun apa sih sebernya Lumpy Skin Disease (LSD) atau bahasa umumnya dikenal dengan cacar sapi ini?? 

 

Dilansir dari dari Beberapa Sumber Iumpy Skin Disease (LSD) adalah penyakit kulit infeksius yang disebabkan oleh Lumpy Skin Disease Virus (LSDV) yang merupakan virus bermateri genetik DNA dari genus Capripoxvirus dan famili Poxviridae. Virus ini umumnya menyerang hewan sapi dan kerbau. Belum ada laporan terkait kejadian LSD pada ruminansia lain seperti kambing dan domba.

 

 

 

Penularan LSD secara langsung melalui kontak dengan lesi kulit, namun virus LSD juga diekskresikan melalui darah, leleran hidung dan mata, air liur, semen dan susu. Penularan juga dapat terjadi secara intrauterine. Secara tidak langsung, penularan terjadi melalui peralatan dan perlengkapan yang terkontaminasi virus LSD seperti pakaian kandang, peralatan kandang, dan jarum suntik. Penularan secara mekanis terjadi melalui vektor yaitu nyamuk (genus aedes dan culex), lalat (Stomoxys sp, Haematopota spp, Hematobia irritans), migas penggigit dan caplak (Riphicephalus appendiculatus dan Ambyomma heberaeum).

 

Sementara itu mengenai Lumpy Skin Disease (LSD) atau bahasa umumnya dikenal dengan cacar sapi yang informasinya sudah mulai sampai di Bumi Seganti Setungguan ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co