Loker Conten Writter

Pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran Desa/Kelurahan Mulai Disosialisasikan di Empat Lawang

Pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran Desa/Kelurahan Mulai Disosialisasikan di Empat Lawang

Suasana sosialisasi pembentukan Redkar di aula kantor Camat Tebing Tinggi.-Foto : Sumantri/lahatpos.co-

EMPAT LAWANG, LAHATPOS.CO - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) dan Penyelamatan Kabupaten Empat Lawang Evi Ferilina Susanti, meminta kepada seluruh Camat untuk memprioritaskan pembentukan Relawan Pemadam Kebakaran (Redkar) di desa/kelurahan.

Karena, jika ada musibah kebakaran, sebelum tibanya personil dari Dinas Damkar, kelompok redkar inilah yang melakukan penanganan dan penanggulangan kebakaran pendahuluan.

"Karena urusan pemadaman/penanggulangan kebakaran ini merupakan salah satu urusan wajib pemerintah," ungkap Evi, saat menghadiri sosialisasi membentuk Redkar di auala Kantor Camat Tebing Tinggi, Kamis (24/11/2022).

Jika tidak menyalahi aturan, lanjut Evi, para Camat dapat menginstruksikan Kepala Desa agar segera membentuk Redkar Desa dan memfasilitasi sarana prasarana pokok pemadaman, seperti mesin semprot air/mesin sedot yang bisa digunakan untuk pemadaman awal melalui dana desa.

BACA JUGA:Selebrasi Cristiano Ronaldo Sindir Manchester United

BACA JUGA:Dinkes Empat Lawang Siapkan Akreditasi RS Pratama Pendopo

"Redkar ini, menjadi suatu hal yang harus sudah terbentuk apabila ingin mengajukan bantuan ke kementrian. Sebab sebelum terbentuknya redkar, pihak kementerian tidak akan merespon usulan apapun yang diajukan oleh daerah," ujarnya.

Sementara itu Camat Tebing Tinggi Noverman Subhi mengatakan, sebelumnya sudah ada desa yang membeli alat pemadam kebakaran, yaitu berupa racun apo dan pompa air.

"Saya berharap para kades dapat memprioritaskan pembelian alat pemadam kebakaran. Apabila tidak bisa dianggarkan satu desa maka dapat mengajak desa terdekat untuk sama-sama saling melengkapi peralatan pemadam kebakaran, bukan dibeli atau dimiliki secara bersama," ungkapnya. (01)

Sumber: