Loker Conten Writter

Penyuluhan PHBS Dinas Kesehatan di Desa Payo, Dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang

Penyuluhan PHBS Dinas Kesehatan di Desa Payo, Dihadiri Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang

Pemberian bingkisan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang SHut MM.--

LAHATPOS.CO, Merapi Barat - Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang S Hut MM, menghadiri pelaksanaan penyuluhan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang digelar Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat bersama Puskesmas Merapi II yang difokus di Desa Payo Kecamatan Merapi Barat, Selasa 22 November 2022.

Kegiatan penyuluhan diisi dengan penyuluhan kesehatan untuk ibu hamil dan penyuluhan untuk balita Stunting dari empat desa yaitu, Desa Payo, Desa Sukamarga, Desa Tanjung Pinang, dan Desa Gunung Agung Kecamatan Merapi Barat. 

Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang S Hut MM, meminati semua elemen baik dari kecamatan dan seluruh tenaga kesehatan berkewajiban saling membantu dalam mengatasi Stunting.

Jika dalam kehamilan ibu ibu, dan balita mengalami gangguan kesehatan, silahkan lapor dengan pihak Puskesmas. Bahkan, minta bantuan dengan pihak kecamatan dan seluruh tenaga kesehatan. 

"Jangan idak dibantu ya, bagi pihak kecamatan ataupun tenaga kesehatan kagek keno marah pak Bupati," ujar Ketua PKK. 

Selain itu ketua PKK juga memberikan pengarahan tentang umur kehamilan yang beresiko untuk ibu hamil yang rentan terhadap resiko kehamilan. 

Lidyawati juga berharap agar angka Stunting di Kabupaten Lahat bisa diturunkan menjadi 14 persen. 

Dia  menyebut sebisanya angka Stunting di Kabupaten Lahat kita turunkan minimal menjadi 14 persen untuk ditahun 2024 mendatang.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lahat  melalui Kabid Yankes Agustia Ningsih SKM MM mengatakan, kegiatan penyuluhan ini kami bekerjasama  dengan TP PKK Kabupaten Lahat. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada pihak Kecamatan Merapi dan Desa Payo.

"Dalam pelaksanaan penyuluhan kesehatan ini  hanya lima desa yang akan dikunjungi. Salah satunya Desa Payo yang terpilih untuk dikunjungi untuk penyuluhan kesehatan ini, terutama untuk penyuluhan ibu hamil dan balita Stunting," ujarnya.

Dalam kesempatan itu Agustia Ningsih juga berharap agar ibu hamil sering memeriksakan kesehatan  dan jangan hanya sekali ini saja namun idealnya setiap bulan sekali. 

Menurut Agustia Ningsih, bahwa Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) adalah salah satu upaya penurunan Stunting di Kabupaten Lahat khususnya di Desa Payo, sehingga dengan adanya makanan tambahan akan membantu menurunkan angka Stunting.

Hadir juga Camat Merapi Barat Drs Erlambang MM, Ketua TP PKK Kecamatan Merapi Barat Eliya Agustina SKM MM, Kepala Desa Payo Hernisawati, Kepala UPT Puskesmas Merapi II Dr Hj Rheni Yunita Rahmaniar MKM, Babinsa, Bhabinkamtibmas dan undangan. (Adv)


Pengarahan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Lahat Lidyawati Cik Ujang S Hut MM.--

Sumber: