Conten Writer
GP ANSOR

CAHAYA PERTANIAN LAHAT

CAHAYA PERTANIAN LAHAT

Nur Yanuar SST, Statistisi Ahli Muda BPS Kabupaten Lahat.--

Pertanian adalah lapangan usaha yang memiliki peranan yang sangat vital bagi perekonomian di Indonesia.

Sebagai negara agraris, pendataan pertanian sangat penting karena merupakan penopang bagi sektor ketahanan pangan. Oleh karena itu, data pertanian yang akurat, mutakhir dan terkini sangat dibutuhkan sebagai acuan dalam pengambilan kebijakan pangan. 

Tahun 2023, Badan Pusat Statistik akan melaksanakan Sensus Pertanian. 

Kegiatan ini bertujuan untuk memotret kondisi pertanian yang mencakup tujuh subsektor yaitu tanaman pangan, hortikultura, perkebunan, perikanan, peternakan, kehutanan dan jasa pertanian. 

Sensus Pertanian 2023 (ST 2023) “Mencatat Indonesia Untuk Kedaulatan dan Kesejahteraan Petani”.

Di Kabupaten Lahat, sektor pertanian berkontribusi penting dalam pertumbuhan ekonomi, dimana sektor ini merupakan kontributor PDRB kedua tertinggi setelah sektor pertambangan. 

Data hasil Sensus Pertanian 2023 sangat diperlukan pemerintah sebagai sumber informasi dalam merancang transformasi pertanian berkelanjutan. 

Berbagai persiapan telah dilaksanakan oleh BPS Kabupaten Lahat, mulai dari pembentukan Tim Pelaksana Kegiatan beserta Tim Komandan Agro Kabupaten (KomAgKab) ST2023. Selain itu dibentuk Agriculture Room sebagai Markas KomAgKab dalam menampung kreativitas berbagai perencanaan dan strategi pelaksanaan ST2023. 

Sebagai langkah awal, Badan Pusat Statistik Kabupaten Lahat telah melakukan audensi kepada Bupati Lahat dalam rangka dukungan pelaksanaan ST2023. 

Koordinasi juga telah dilakukan kepada Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Peternakan, Dinas Perkebunan, Dinas Perikanan serta dinas/instansi terkait. Hal ini juga telah dimasukkan dalam agenda pelaksanaan Satu Data Lahat dimana Dinas Komunikasi dan Informasi sebagai Walidata dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah sebagai Koordinator Percepatan Satu Data. 

Dukungan pelaksanaan ST2023 juga didapat melalui pelatihan seluruh Agen dan Operator Desa Cinta Statistik yang dikoordinir oleh Dinas Pemberdayaan Masayarakat Desa Kabupaten Lahat. Ini sebagai wadah untuk mensosialisasikan dan menggaungkan pelaksanaan ST2023, karena calon petugas lapangan akan direkrut melalui Komunitas Desa Cinta Statistik yang ada di desa/kelurahan masing-masing. 

Pada tingkat pemerintahan, pembentukan dan pembinaan Tim Pengendalian Internal (TPI) sebagai sarana sosialisasi ST2023. 

Tidak mau ketingggalan, Lembaga Pendidikan juga berkontribusi dalam mensukseskan ST2023 melalui Pojok Statistik dan Komunitas Akademisi Cinta Statistik.

Semua ini upaya menyongsong dan mensukseskan Sensus Pertanian 2023 untuk “Kedaulatan Pangan dan Kesejahteraan Petani Kabupaten Lahat”. (*)

Sumber: