Pemda Lahat

Kenalkan Produk Unggulan UMKM, Pemprov Sumsel Gelar Expo di Kota Bandung Jabar

Kenalkan Produk Unggulan UMKM, Pemprov Sumsel Gelar Expo di Kota Bandung Jabar

Foto bersama rombongan Sumsel menggelar Sumsel Expo di Jabar.--

LAHATPOS.CO, Palembang - Pemerintah Provinsi Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) terus berupaya meningkatakan pendapatan masyarakat, melalui pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Salah satunya melalui penyelenggaraan Sumsel Expo 2022 yang berlangsung di Cihampelas Walk Kota Bandung.

Sumsel Expo yang berlangsung mulai dari tanggal 12 hingga 14 Agustus 2022 tersebut diyakini akan mampu menumbuhkan  kualitas produksi  UMKM Sumsel  agar mampu bersaing dipasar global.

Gubernur Sumsel H Herman Deru melalui Kepala Dinas Koperasi dan UKM Sumsel Ir H Amiruddin MSi Rabu (10/8) mengatakan, Pemprov melalui dinas yang dipimpinnya akan beruapaya mendorong majunya sektor UMKM, melalui sejumlah event diantaranya melalui agenda tahunan Sumsel Expo.

BACA JUGA:Feby Deru Jajaki Kerjasama Pelatihan Perajin Souvenir Dengan Dekranasda Jabar

Sebagai salah satu daerah yang sektor UMKM yang cukup tinggi, lanjut Amiruddin, menjadi alasan tersendiri bagi Kementerian Koperasi dan UMKM, untuk ikut terlibat dalam ajang acara Hari Nasional UMKM yang juga berbarengan dengan penyelenggaraan Sumsel Expo 2022 bersama dengan Provinsi Jabar.

“Pemprov Sumsel  rutin menggelar Sumsel Expo sebagai wadah promosi  bagi produk UMKM  untuk dikenalan pada pasar luar. Kebetulan pada  tahun ini  bertepatan dengan hari nasional UMKM  yang  menjadi tuan rumah adalah Kota Bandung. Sumsel satu-satunya provinsi yang didaulat  meng backup Harnas UMKM,” terangnya.

Adapun Sumsel Expo kali ini lanjut dia, melibatkan 12 peserta seperti ICSB, Kriya Sriwijaya, Bank Sumsel, PT Pusri. Selain itu  8  Kabupaten/Kota juga ikut dilibatkan masing-masing  Kabupaten OKI, OKU, Ogan  Ilir, Musi Banyuasin, Kota Prabumulih, Muara Enim, OKU  Timur dan Musi Rawas.

“Kegiatan ini selain untuk mempromosikan berbagai potensi daerah juga untuk pemberdayakan ekonomi masyarakat, terbukti banyak gerai yang disiapkan untuk pelaku UMKM,” tambahnya.

BACA JUGA:Oknum Pegawai Kantor Pos Muara Enim Diduga Pelecehan Seksual Siswi Magang

Lebih lanjut Amiruddin menuturkan, yang membedakan Sumsel Expo 2022 dari tahun-tahun sebelumnya, adalah adanya penandatanganan kesepakatan bersama antara pemerintah daerah Provinsi Sumsel dengan pemerintah daerah provinsi Jawa Barat tentang pengembangan potensi daerah dan peningkatan pelayanan publik.

“Harapan dari penyelenggaraan Sumsel Expo ini adalah untuk pertukaran informasi produk UMKM Sumsel dan Jawa Barat. Kemudian untuk meningkatkan omset penjualan serta  mempererat silaturahmi antara pelaku UMKM secara digital,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: