Pemda Lahat

Pelaku Bakar Kekasih, Dituntut Penjara Seumur Hidup

Pelaku Bakar Kekasih, Dituntut Penjara Seumur Hidup

SIDANG : Sidang oknum mantan polisi yang membakar kekasihnya hingga menyebabkan tewas dalam agenda pembacaan tuntutan terdakwa. -Foto : Ozi-

LAHATPOS.CO, Muara Enim - Dalam sidang lanjutan terhadap mantan oknum polisi terdakwa Adriansyah yang bertugas di Polres Lahat, yang melakukan pembakaran pacarnya di Kabupaten Muara Enim hingga tewas. Akhirnya dituntut penjara seumur hidup di PN Muara Enim, Rabu (10/8/2022).

Dalam sidang dengan agenda tuntutan tersebut dipimpin oleh majelis hakim terdiri dari Shelly Noveriyati S SH, Sera Ricky Swanri D SH dan Titis Ayu Wulandari SH. Dari tim JPU terdiri dari Alex Akbar SH MH, Sriyani SH dan Arsitha Agustian SH MH dan Nadia S SH.

Sedangkan tim kuasa hukum terdakwa Heru Pujo SH MH dan Andi Prasetya SH.

Dalam tuntutan yang dibacakan oleh majelis hakim. Akhirnya memutuskan terdakwa telah melanggar pasal sebagai mana telah melakukan perbuatan dalam pasal pertama primair yaitu, pasal 340 KUHP subsidair pasal 338 KUHP, atau kedua primair pasal 355 ayat (2) KUHP subsidair pasal 354 ayat (2) KUHP.

BACA JUGA:BKMT Merapi Barat Gelar Pengajian Rutin, Ustadz Masnan Ajak Perbanyak Amal Ibadah

Dan terdakwa, telah terbukti melanggar pasal 340 KUHP dengan tuntutan hukuman yaitu penjara selama seumur hidup.

“Rabu depan seperti biasa, akan sidang kembali dengan agenda pembelaan (pledoi),” ujar Majelis Hakim sambil menutup sidang secara virtual zoom.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Muara Enim Irfan Wibowo SH, melalui Kasi Pidana Umum M Alex Akbar SH MH pada sidang lanjutan terhadap mantan oknum polisi pembakar pacar di Kabupaten Muara Enim akhirnya dituntut penjara seumur hidup.

Adapun dalam tuntutan yang diberikan kepada terdakwa tersebut, dimana terdakwa telah melanggar pasal sebagai mana telah melakukan perbuatan dalam pasal pertama primair yaitu, pasal 340 KUHP subsidair pasal 338 KUHP atau kedua primair pasal 355 ayat (2) KUHP subsidair pasal 354 ayat (2) KUHP.

BACA JUGA:Arus Kendaraan Lahat – Pagar Alam Sempat Macet

“Tuntutan yang dibacakan tadi, merupakan sebagaimana dengan fakta persidangan yang terungkap dilaporkan secara berjenjang, dimana terdakwa, telah terbukti melanggar pasal 340 KUHP dengan tuntutan hukuman yaitu penjara selama seumur hidup,” jelasnya.

Lebih jauh Ridho mengungkapkan, dalam fakta persidangan terungkap perkara tersebut, bermula dari terdakwa saat menjalin hubungan kepada korban Nengsih Marlina (Alm, red).

Kemudian, dikarenakan korban berusaha menghindari terdakwa, pada tanggal 10 Maret  2022 terdakwa yang tidak terima di tinggalkan oleh korban, lalu terdakwa mendatangi korban di rumah kontrakannya teman korban dengan sengaja membawa 1 botol plastik Aqua  berisikan bensin sekitar 1,5 liter dan korek api gas yang telah disiapkan.

Kemudian, terdakwa masuk ke kamar korban menyirami korban dengan bensin.

BACA JUGA:Rumah Terbakar di Lahat Tengah Milik Ali

Lalu, menyalakan korek api dilantai yang basah karena tumpahan bensin hingga membakar kamar kontrakan korban kemudian menyambar ke tubuh korban.

Atas kejadian tersebut, korban mengalami luka bakar sebesar 68,5 persen dan  sempat dilarikan ke rumah sakit, namun setelah menjalani perawatan beberapa hari akhirnya korban meninggal dunia pada tanggal 26 Maret 2022.

Untuk sidang selanjutnya, lanjut Ridho, akan dilanjutkan hari Selasa tanggal 16 Agustus 2022 dengan agenda pembacaan pembelaan (pledoi) oleh terdakwa.

Dalam tuntutan yang kami berikan pada sidang hari ini, merupakan sebagai rasa keadilan yang kami diberikan kepada keluarga korban, sebab terdakwa masih mempunyai niat baik dengan berusaha menolong memadamkan api yang membakar korban sehingga terdakwa ikut menderita luka bakar.

BACA JUGA:Breaking News: Kebakaran di Lahat Tengah

Sedangkan Kuasa Hukum terdakwa Heru Pujo SH MH, mengatakan sangat keberatan dengan adanya tuntutan yang diberikan oleh Tim JPU Muara Enim kepada klainnya.

Sebab dalam tuntutan tersebut sangat berat karena dinilai banyak hal-hal baik yang tidak juga di pertimbangkan oleh Tim JPU Muara Enim.

“Kami sangat keberatan atas tuntutan yang di berikan oleh JPU kepada klien kami, karena banyak hal-hal baik yang dilakukan klien kami kepada korban semasa hidup yang tidak dipertimbangkan oleh JPU. Dari itu, demi rasa keadilan yang sama kami akan ajukan pledoi pada sidang selanjutnya,” pungkasnya.

Sementara itu, Trisnawati yang merupakan kakak kandung korban, mengaku kurang puas atas tuntutan hukuman seumur hidup dan menginginkan hukuman mati setimpal dengan perbuatan terdakwa yang telah menyebabkan adiknya meninggal dunia.

BACA JUGA:10 Rumah Kebobolan Maling di Batay, Warga Resah Terhadap Inisial “AD”

Sebab jika hanya dipenjara seumur hidup dikhawatirkan terdakwa masih bisa keluar dari penjara setelah menjalani hukuman, apalagi nanti ada remisi yang bisa mengurangi hukumannya. 

“Kami sekeluarga meminta kepada majelis hakim untuk menjatuhkan hukuman mati, sebab itu terlalu ringan karena adik saya sudah mati,” tegasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: