Hari ini Jemaah Haji Lahat Tinggalkan Makkah menuju Madinah, Semua Jemaah Thawaf Wada'

Hari ini Jemaah Haji Lahat Tinggalkan Makkah menuju Madinah, Semua Jemaah Thawaf Wada'

Foto jemaah haji Lahat setelah selesai Thawaf Wada'.-Foto : Gandil for lahatpos.co-

LAHATPOS.CO, Makkah - Hari Senin 01 Agustus 2022, semua jemaah haji kloter 8 PLM, melakukan thawaf wada’ (pamitan). Pelaksanaan thawaf wada’ digelar sesudah shalat Isya', karena hari Selasa 2 Agustus, Jemaah haji akan menuju Kota Madinah.

Kembali, Karom PLM 8, H M Gandil mengingatkan, bahwa thawaf wada' ini, adalah wajib haji.

Dalam pelaksanaannya, dimulai dari rukun hajar aswad, dan berakhir dirukun hajar aswad, posisi bangunan ka'bah disebelah kiri sebanyak tujuh putaran harus dalam keadaan suci dari hadats, tidak boleh batal wudhu'.

Dalam pelaksanaannya, ada yang sesudah shalat Isya' berjamaah di Masjidil Harom. Ada yang sesudah shalat Shubuh berjamaah di Masjidil Harom.

BACA JUGA:Pengecekan Ranmor R2 Bhabinkamtibmas Polres Lahat

“Alhamdulillah, setelah jam 07.00 WAS, semua jemaah sudah berada di hotel, dan mengemas barang-barang jangan ada yang tertinggal,” terangnya.

Setelah menikmati makan pagi di hotel, mereka beristirahat dan masing-masing bercerita tentang perasaan sa'at thawaf wada'.

Secara umum, semuanya merasa haru, dan syahdu, seraya berdo'a, " ... Ya Allah, Engkau telah memudahkan perjalananku. Engkau telah  mengantarkan aku sampai kenegeriMu ini, dan menolongku dengan nikmatMu, sehingga dapat menunaikan ibadah haji. Jika Engkau ridho padauk, maka tambahkanlah keridhoan itu padauk. Jika tidak, maka karuniailah aku sekarang sebelum aku jauh dari rumahMu.  Sekarang sudah waktunya aku pulang, jika Engkau izinkan, aku tidak menukar sesuatu denganMu, ataupun rumahMu....

“Ya Allah, bekalilah aku dengan kesehatan, dan peliharalah pada agamaku. Perbaikilah tempat kembaliku, dan bantulah aku untuk taat padaMu selama hidupku. Ya Allah, jangan jadikan ini masa terakhirku bertemu dengam rumahMu, tapi  jika memang ini masa terakhirku, maka gantilah dengan syurga berkat rahmatMu.  Aamiin  walhamdulillahi robbil 'alamin” 

BACA JUGA:Empat Lawang Kejar Kabupaten Sangat Inovatif

Sambil menunggu angkutan, Gandil kembali mengingatkan jemaah untuk tetap menjaga kondisi kesehatan, dan kebugaran, karena cuaca di Kota Madinah lebih panas bila dibandingkan dengan Kota Makkah.

Semoga di Kota Madinah nanti, akan semakin menguatkan keimanan dan ketaqwaan. Aamiin (Bersambung…)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: