Pemda Lahat

Warga Dusun V Desa Suka Negara Nikmati Air Bersih

Warga Dusun V Desa Suka Negara Nikmati Air Bersih

LAHAT, LAHATPOS.CO - Warga Dusun V, Desa Suka Negara, Kecamatan Kota Lahat, Kabupaten Lahat, kini tidak lagi kesulitan kebutuhan akan air bersih, yang selama ini mereka menampung dari turunnya hujan atau mengandalkan sumur yang apabila kemarau ikut mengering.

Ini, merupakan langkah konkrit dan bentuk perhatian dari Pemerintah Desa (Pemdes) Suka Negara kepada masyarakat, terutama dusun V dengan menyediakan sumur bor termasuk bak penampungannya.

"Alhamdulillah, sumur bor kita anggarkan melalui dana desa (DD), dan kedalaman 60 meter air bersih mengalir, termasuk membangun tower setinggi 4 meter, tedmond kapasitas 2200 liter, dengan ukuran tempat 260 cm x 240 cm," kata Kepala Desa (Kades) Suka Negara, Tanseri Gasali didampingi Kepala Dusun (Kadus) V, Riki Ahmad Ronaldo, Minggu (24/7/2022).

Rencananya, sambung Tanseri, pihaknya akan menganggarkan kembali, untuk mengalirkan ke setiap pemukiman warga, dengan menggunakan pipanisasi.

BACA JUGA:Temukan Hotspot, Babinsa Berjibaku Padamkan Api

"Paling tidak, bisa mengalirkan lebih kurang 50 rumah, pastinya akan kita hitung kembali anggaran yang dibutuhkan," sebutnya.

Selain itu, masih kata dia, Pemdes Suka Negara, juga telah menyelesaikan pembangunan Saluran Pembuangan Air Limbah (SPAL), yang terbagi menjadi tiga lokasi dengan panjang kisaran 31, 36 dan 41 meter.

"Pun dengan penyelesaian gedung serbaguna dan PAUD. Yang kesemuanya merupakan aspirasi masyarakat yang membutuhkannya," beber Tanseri.

Senada, Kadus V, Riki Ahmad Ronaldo menuturkan, kebutuhan dari sumur bor tidak lepas dari aspirasi masyarakat, yang memang selama ini mengandalkan sumur dari air hujan.

"Kalau hujan sumur akan berisi, apabila musim kemarau ikutkan kering, sehingga menyulitkan kebutuhan mereka sehari-hari. Dengan telah mengalirnya air dari sumur bor, mereka sangat bersyukur sekali," pungkasnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: