Menjelang Armuzna, Jemaah Haji Kabupaten Lahat Menerima Pengarahan dari Pembimbing Haji

Menjelang Armuzna, Jemaah Haji Kabupaten Lahat Menerima Pengarahan dari Pembimbing Haji

LAHATPOS.CO, Makkah – Jemaah haji Kabupaten Lahat menerima pengarahan dari pembimbing haji. Terkait persiapan melaksanakan ibadah haji, menjelang armuzna (Arofa, Musdalifa, dan Mina).

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lahat, Drs H Rusidi Dja’far MM, melalui Ketua Rombongan (Karom) 8 Kloter 8 PLM, M Gandil Syakni menyampaikan, bahwa agenda hari ini, jamaah haji Kabupaten Lahat, menerima penyampaian manasik yang terkait dengan rangkaian ibadah (rukun, wajib, dan sunnah) haji.


Jemaah haji Kabupaten Lahat mendengarkan pengarahan dari pembimbing haji.-Foto : Gandil for lahatpos.co-

Diantaranya, persiapan fisik dan mental (menjaga kondisi sehat dan bugar). Persiapan perlengkapan pakaian yang diisikan kedalam tas tenteng untuk dipakai sesudah jumratul aqobah, membawa tas paspor diisi dengan buku do'a manasik. Membawa obat obatan yang diperlukan selama armuzna, dan perlengkapan yang sangat urgen.

Kemudian, mengingatkan lafaz niat mandi sunnat ihrom, larangan larangan ihrom, mengingatkan lafaz niat haji. Menjelaskan rangkaian ibadah wukuf di Padang 'Arofa, mabit di Muzdalifa, Jumratul Aqobah, mabit di Mina. 

BACA JUGA:Perumahan Arkomba Hibahkan Fasum ke Pemda, Tim Perkim Lahat Turun Kelapangan

BACA JUGA:Bupati Lahat Cik Ujang Puji Program Kapolres Lahat Eko Sumaryanto

Jemaah haji Kabupaten Lahat menerima penjelasan rangkaian kegiatan tanggal 11, 12 (nafar awal) dan 13 (nafar tsani) Dzulhijjah di Mina,” terangnya, Selasa (05/07/2022).


Jemaah haji Kabupaten Lahat mendengarkan pengarahan dari pembimbing haji.-Foto : Gandil for lahatpos.co-

Lalu, menjelaskan tentang angkutan dari 'Arofa ke Muzdalifa ke Mina, kembali ke pondok di Makkah. Thawaf ifadhoh, sa'i dan tahallul,  dan lain lain yang dianggap penting.

Nah, selama proses rangkaian haji, jemaah selalu diingatkan untuk berdzikir dan do'a bersama kepada Nya. Minta kemudahan melaksanakan rangkaian rukun, wajib dan sunnah haji. Mohonkan juga kebaikan bagi semua keluarga jemaah haji di tanah air.

“Insya Allah, atas izin dan ketentuan Allah SWT, semua jemaah haji akan mabrur dan mabruroh,” harapnya. (dian)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: