Persiapan Porprov 2023, Ketua DPRD Lahat Pantau Lokasi Cabor Tembak Reaksi

Persiapan Porprov 2023, Ketua DPRD Lahat Pantau Lokasi Cabor Tembak Reaksi

LAHAT, LAHATPOS.CO - Sejumlah persiapan disambut menjelang gelaran Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2023 di Kabupaten Lahat. Salah satunya, cabang olahraga Tembak Reaksi. Rencananya, lokasi olahraga ini berada di atas pendakian bukit area Taman Rekreasi Ribang Kemambang.

Dalam kunjungan kerja (reses) Ketua DPRD Lahat, Fitrizal Homizi ST MSi didampingi Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora), Beni Zainudin serta Ketua Harian Perbakin Lahat, mereka langsung mengecek keberadaan lokasi area olahraga Tembak Reaksi (Airsoft).

Keberadaan yang dinilai aman, menjadikan area olahraga tersebut menjadi tempat even Porprov pada cabang olahraga menembak. Aturan arena, jarak, serta izin diatur langsung oleh Perbakin (Persatuan Menembak dan Berburu Seluruh Indonesia).

Menurut Fitrizal Homizi, bahwa DPRD sangat mendukung Porprov KONI tahun 2023, salah satunya cabor menembak, Airshoft atau Tembak Reaksi.  Harapannya, dinas terkait yakni Dispora untuk berkoordinasi dengan Dinas Parisiwisata dan PU. Bahkan usulan persiapan bisa disampaikan pada APBD perubahan.

"Kalau evennya dipusatkan di Taman Rekreasi Ribang Kemambang, diyakini bisa dapat mendongkak wisata. Kami sangat apresiasi," kata Fitrizal, kepada media ini, Senin (20/06/2022).

Politisi Partai Demokrat Lahat meminta pelaksanaanya harus standar dengan Perbaikin. Termasuk atlet aman dan lingkungan sekitar serta harus ada sefty area.

"Jadi atlet menembak tidak boleh ada airsoft di pinggang, sebagai keamanan berada disefty area secara bergiliran," tuturnya.

Dipilihnya arena ini mengingat tempatnya yang tinggi. Bahkan bisa digunakan untuk latihan para atlet menjelang pelaksanaan Porprov 2023. "Tempat kemanan paling diutamakan," terangnya, kemarin.

Terpisah, Kepala Dispora Lahat, Beni Zainudin mengatakan, komitmen untuk terus melakukan pembinaan atlet cabang olahraga (Cabor) menembak dan merupakan gairah olahraga tersendiri di Kabupaten Lahat.

"Mengenai olahraga ini, bakal ditampilkan pada Porpov 2023. Bahkan kami akan terus berkoordinasi dengan Perbakin," jelas Beni Zainudin. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: