PLN UP3 Lahat Sukses Gelar Audit Sistem Manajemen Terintegrasi untuk Tingkatkan Kinerja Operasional

PLN UP3 Lahat Sukses Gelar Audit Sistem Manajemen Terintegrasi untuk Tingkatkan Kinerja Operasional.-foto: lahatpos.co-
LAHAT, Lahatpos.co - PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Lahat telah melaksanakan Audit Sistem Manajemen Terintegrasi (SMT) pada Kamis, 20 Februari 2025, hingga Jumat, 21 Februari 2025, bertempat di Kantor PLN UP3 Lahat.
Kegiatan ini dihadiri oleh Tim Audit 2 SMT PLN Unit Induk Distribusi (UID) Sumatra Selatan, Jambi, dan Bengkulu (S2JB), sebagai bagian dari upaya untuk mengintegrasikan sistem manajemen mutu, lingkungan, serta keselamatan dan kesehatan kerja menjadi satu kerangka kerja yang efisien dan terkoordinasi.
Audit ini melibatkan 25 peserta, termasuk Tim Audit SMT PLN UID S2JB serta para Penanggung Jawab (PIC) SMT dari PLN UP3 Lahat yang telah ditunjuk melalui Surat Keputusan (SK) Tim.
SMT sendiri merupakan pendekatan strategis yang digunakan organisasi untuk menyatukan berbagai standar manajemen, seperti ISO 9001, ISO 14001, dan ISO 45001, guna meningkatkan efektivitas operasional dan mendukung pencapaian tujuan perusahaan.
Manager PLN UP3 Lahat, Teguh Aang Harmadi, menyampaikan optimismenya terkait pelaksanaan audit ini.
“Audit SMT ini menjadi langkah penting bagi PLN UP3 Lahat untuk memastikan semua proses berjalan sesuai standar terbaik. Kami berkomitmen menjadikan sistem manajemen terintegrasi sebagai fondasi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.
Ketua Tim Audit SMT PLN UID S2JB, Rahmad Purnama, menekankan pentingnya SMT dalam mendukung kinerja organisasi.
“SMT adalah cara kami memastikan semua elemen manajemen berjalan selaras, dari mutu hingga keselamatan. Meski sudah ada tim dari UID, kami mendorong PLN UP3 Lahat membentuk tim SMT sendiri agar pelaksanaan di tingkat lokal lebih optimal dan responsif terhadap kebutuhan spesifik,” katanya.
Anggota Tim SMT UID S2JB, M. Rizal Alfian, turut memotivasi para peserta untuk menyambut SMT dengan semangat.
“Kita harus antusias terhadap SMT karena ini bukan sekadar formalitas, tetapi sebuah sistem yang membantu kita bekerja lebih baik. SMT adalah tentang mengintegrasikan proses untuk mencapai hasil maksimal, dan saya harap semua pihak di PLN UP3 Lahat bisa melihat ini sebagai peluang untuk berkembang,” ungkapnya.
Sementara itu, Assistant Manager Perencanaan PLN UP3 Lahat, Saddam Abdul Hakim, menambahkan bahwa PLN UP3 Lahat telah menerapkan SMT dalam kegiatannya.
“Dalam setiap kegiatan di PLN UP3 Lahat, kami sudah melaksanakan SMT melalui rekap dokumentasi, notulen, pelaporan rutin, dan bahkan semua bagian sudah memiliki kendali mutunya masing-masing. Kedepan agar rekan-rekan PLN UP3 Lahat tidak ragu menerapkan SMT karena manfaat dari penerapan SMT untuk Memastikan kepatuhan dan Meningkatkan kinerja, serta selaras dengan tujuan strategis perusahaan,” jelasnya.
Audit yang berlangsung selama dua hari ini diharapkan menjadi langkah awal bagi PLN UP3 Lahat untuk memperkuat sistem manajemen terintegrasi.
Dengan dukungan dari Tim Audit PLN UID S2JB dan komitmen internal, PLN UP3 Lahat optimistis dapat meningkatkan efisiensi operasional serta memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.*
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: