Situs Megalitik Temuan Terbaru di Pasemah

Situs Megalitik Temuan Terbaru di Pasemah

Situs Megalitik Temuan Terbaru di Pasemah.-foto: lahatpos.co-

Begitu juga ketika kami ke Desa Padang Perigi Kecamatan Tanjung Tebat tak ada warga yang mengetahui keberadaan situs megalitik di desanya.

Dengan adanya temuan 2 lumpang batu di Desa Talang Padang Kecamatan Mulak Sebingkai maka menambah jumlah situs yang ada di Kabupaten Lahat menjadi 70 situs megalitik dan merupakan temuan pertama dan satu-satunya di wilayah Kecamatan Mulak Sebingkai. 

Dan kamipun Panoramic of Lahat merasa senang dan bangga dengan diketahuinya situs Megalitik Batu Betekuk dan menjadi pihak luar pertama dari desa yang berkunjung kesini. Taufik Hidayat yang pertama kali membagikan informasi belum berkunjung ke lumpang batu ini.

Setelah merasa cukup dan kamipun putuskan untuk kembali ke rumah Indirman di Desa Lubuk Dendan. 

Dalam perjalanan kembali aku masih dibonceng oleh Doni dan ketika di ataran persawahan Karlantang aku minta Doni untuk berhenti karena aku melihat satu batu berlubang satu di sawah persis di tepi jalan setapak. 

Kamipun berhenti dan aku langsung mendekati batu berlubang satu tersebut, setelah aku amati lalu Indirman, Doni dan Bayu meraba batu tersebut dengan tangannya dan ternyata batu tersebut mempunyai 3 lubang akan tetapi 2 lubang tertutup tanah dan air sawah. 

Jadi batu yang awalnya mempunyai satu lubang merupakan Lumpang Batu Berlubang Tiga. 

Setelah memperhatikan lingkungan sekitar kami berkeyakinan lokasi inipun merupakan situs megalitik karena di persawahan ini terlihat banyak batu-batuan tetapi kami tidak mendatangi satu per satu batuan tersebut karena hari Jumat dan kami khawatir tidak bisa shalat jumat bila langsung menelusuri batuan yang ada di persawahan ataran Karlantang.

Lalu kami kembali ke rumah Indirman untuk melaksanakan shalat Jumat dan makan siang, selanjutnya kami berdua kembali ke Kota Lahat dengan melintas jalan ke arah Kecamatan Pagar Gunung lalu menuju Desa Talang Sejemput Kecamatan Lahat Selatan. 

Sepanjang perjalanan dari Mulak Sebingkai jalan aspal dalam kondisi terbaik bahkan sepanjang jalan di wilayah Kecamatan Mulak Sebingkai sudah diperlebar menjadi lebih lebar dari sebelumnya. 

Setelah melintasi Desa Karang Agung menuju Desa Talang Sejemput kami melihat pekerja sedang melakukan pelebaran jalan dengan cor beton pada satu sisi sehingga terlihat lebih lebar dan pada sisi sebelahnya juga sudah terlihat bahu jalan digali dan kemungkinan akan di cor beton juga, jika jalan dari Karang Agung menuju Talang Sejemput ini selesai di cor kedua sisinya maka menjadi lebar yang membuat pengguna jalan aman dan nyaman. 

Semoga dengan adanya temuan ini pihak-pihak terkait dapat menindaklanjuti agar peninggalan budaya di Kecamatan mulak Sebingkai dapat terjaga dan lestari, Salam Budaya….Salam Lestari…Budaya Indonesia.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: