Hadirkan Nara Sumber Yang Berkompeten Simak 3 Poin Penjelasan Pemateri Pencegahan Stunting di Desa Suka Cinta

Hadirkan Nara Sumber Yang Berkompeten Simak 3 Poin Penjelasan Pemateri Pencegahan Stunting di Desa Suka Cinta

Kegiatan rembuk Stunting di desa Suka Cinta Kecamatan Merapi Barat --

LAHATPOS.CO, Merapi barat  - Ada 3 poin penting penyebab utama Stunting. Yang pertama adalah pertumbuhan janin dalam rahim yang terlambat / gangguan pada kehamilan kemudian nutrisi yang tidak ada untuk pertumbuhan serta yang ke tiga adalah infeksi yang terus berulang.

Hal ini disampaikan oleh tenaga tesehatan dari Puskesmas Merapi II
Yeni Suriana,S.Kep saat menjadi nara sumber dalam kegiatan rembuk Stunting di desa Suka Cinta Kecamatan Merapi Barat. Jumat 26 Juli 2024.

Menurut Yeni yang menjadi nara sumber di desa Suka Cinta pentingnya menjaga  anak agar jangan terkena Stunting karean dampaknya akan berakibat pada anak yang kurang pandai karena daya pikirnya akan berkurang, cara berpikiran lambat juga responden juga lambat sehingga anak di bawah umur 2 tahun pembentukan otak itu lagi gencar-gencarnya.

Dan yeni juga memberikan himbauan terutama untuk pencegahan agar tidak terjadi Stunting adalah adanya  pencegahan sosialisasi untuk remaja putri.

"Kenapa pada remaja putri harus di beri sosialisasi karena remaja putri jnilah uang nantinya akan mengandung dan juga calon pengantin karena remaja putri dan calon pengantin inilah yang sering mengalami amenia sehingga pentingnya bagi tiap desa mengadakan posyandu remaja "

Bukan hanya itu saja Yeni juga menghimbau terutama kepada kader Posyandu agar lebih proaktif untuk "menjemput bola" terhadap anak agar lebih rajin mengikuti Posyandu.

Kemudian Yeni juga menjelaskan dampak yang akan terjadi jika Stunting terjadi pada anak.

"Efeknya atau dampaknya akan terjadi sekitar 20 tahun yang akan datang jadi tidak serta merta langsung terjadi Stunting namun juga perlu proses "

Dan tidak semua orang yang pendek itu Stunting,trus bagaimanakah jika bapak ibunya pendek ya tentunya anaknya juga akan pendek jadi harus di lihat faktor pendek nya inj karena apa dulu sehingga pada saat Posyandu harus di teliti "

Sehingga salah satu faktor pencegahan nya adalah memperbaiki gizi ibu hamil, juga memeriksakan kesehatan kehamilan secara teratur, menyusui eksklusif selama 6 bulan.

Juga dari lingkungan sekitar seperti pengadaan air bersih dan PHBS juga jamban yang sehat meski tidak harus dengan semua keramik yang penting harus sehat minimal jarak 10 meter dari sumur

Sehingga semua pihak harus aktif, dari pemerintah desanya, BPD nya ,kader nya dan semua pihak bersama saling bersinergi "tutupnya.

Sementara melalui Sekretaris Desa Suka Cinta Rosalya Anggraini  mengatakan bahwa dari hasil rembuk Stunting di desa Suka Cinta ada beberapa poin yang telah di sepakati diantaranya sarana air bersih, dan yang kedua adalah alat-alat Posyandu dan yang ketiga adalah berupa tambahan makanan pelengkap "ungkapnya.

Hadir dalam rembuk Stunting di desa Suka Cinta Camat Merapi barat Drs Erlambang MM dan jajaran Ekobang, pemerintah desa, BPD, kader Posyandu,Pendamping Desa, Pendamping Lokal Desa dan masyarakat (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: