PLN UID S2JB Siapkan Listrik Andal Sambut Idul Fitri 1445 Hijriah, Darmawan Prasodjo Pimpin Apel Siaga Hybrid

PLN UID S2JB Siapkan Listrik Andal Sambut Idul Fitri 1445 Hijriah, Darmawan Prasodjo Pimpin Apel Siaga Hybrid

PLN UID S2JB Siapkan Listrik Andal Sambut Idul Fitri 1445 Hijriah, Darmawan Prasodjo Pimpin Apel Siaga Secara Hybrid.-Foto: dok/lahatpos.co-

Tanggal 8 Maret 2024 padam pukul 19.41 WIB, penyebab padam dikarenakan oleh adanya putusnya konduktor akibat sambaran petir di Desa Pinang Belarik. 

Tanggal 17 Maret 2024 padam pukul 18.43 WIB, penyebab padam dikarenakan oleh adanya pohon durian di Desa Darmo dan pohon waru di Pulau Panggung Enim roboh menimpa jaringan. 

Tanggal 19 Maret 2024 padam pukul 18.30 WIB, penyebab padam dikarenakan oleh adanya kabel beradu didepan Pesantren Kelawas.

25 Maret 2024 padam akibat adanya pohon sengon yang roboh di Tegal Rejo RT 14.

“Kondisi seperti ini perlu perbaikan beberapa jam dan listrik terpaksa dipadamkan,” jelasnya. 

Pihaknya meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Saat padam PLN akan berusaha segera melakukan rekonfigurasi / manuver jaringan sebagai upaya untuk memperkecil pelanggan yang merasakan dampak padam dan tetap melakukan penormalan sesegera mungkin. 

Untuk mengingkatkan kehandalan pihaknya juga telah melakukan pemampasan pohon sepanjang 87,4 kms, pemasangan penghalang hewan sebanyak 14 titik, inspeksi jaringan tier 1 sebanyak 149,2 kms, PLN Muara Enim juga melakukan pemasangan Alat Proteksi Petir (CLD) sebanyak 8 titik.

PLN Muara Enim Pasang Alat Proteksi Perkecil Sambaran Petir Akibat Cuaca Ekstrim

PLN Muara Enim pasang alat proteksi untuk perkecil sambaran petir akibat cuaca ekstrim. Padamnya beberapa penyulang di Muara Enim beberapa hari terakhir akibat cuaca ekstrim telah diantisipasi oleh PLN Muara Enim dengan melakukan kegiatan pemeliharaan berupa inspeksi jaringan di sejumlah titik di wilayah kabupaten Muara Enim. Sehingga dampak pemadaman tidak meluas. 

Setelah sebelumnya pada Februari 2024, PLN telah melakukan ROW sebanyak 87,4 kms, pemasangan penghalang hewan sebanyak 14 titik, inspeksi jaringan tier 1 sebanyak 149,2 kms, PLN Muara Enim juga melakukan pemasangan Alat Proteksi Petir, Current Limiting Device (CLD) sebanyak 8 titik oleh tim PDKB.

Team Leader PDKB PLN UP3 Lahat Rio Hendrawan mengatakan alat tersebut lanjutnya berfungsi untuk menangkal sambaran petir pada jaringan listrik PLN. Sehingga ketika ada sambaran petir tidak menimbulkan gangguan.

“Petir akan mencari bagian terlemah pada jaringan listrik sehingga dengan alat tersebut sambaran petir bisa diserap, sehingga tidak menyebabkan aliran listrik padam,” jelasnya. 

Untuk pemasangan di setiap jalur di jalan poros Muara Enim sampai arah Tanjung Enim seperti  Jl Lintas Trans Sumatera Lampung - Muaraenim, Ds Lingga Kec. Lawang Kidul, Jl Lingga 1 Kabupaten Muaraenim karena beberapa titik diantaranya pernah terkena sambaran petir.

Sementara itu Manager PLN Muara Enim Irfan Maulana mengatakan pemasangan CLD dilakukan tim khusus PDKB yakni Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan dari PLN UP3 Lahat. Di mana saat melakukan pemasangan aliran listrik tetap menyala.

“Lokasi yang dipasang CLD merupakan rawan petir berdasar pemetaan yang dilakukan PLN Muara Enim. Sehingga dengan pemasangan ini bisa mengurangi padam jaringan akibat petir,” imbuh Irfan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: