Hujan Badai di Muara Enim, Jaringan Listrik Tertimpa Pohon Tumbang

Hujan Badai di Muara Enim, Jaringan Listrik Tertimpa Pohon Tumbang

Hujan Badai di Muara Enim, Jaringan Listrik Tertimpa Pohon Tumbang.-Foto: dok/lahatpos.co-

Lahatpos.co – Hujan badai di Muara Enim, jaringan listrik tertimpa pohon tumbang. Pelanggan PLN ULP Muara Enim beberapa hari belakangan ini banyak mengeluh dengan kondisi listrik mati mendadak. 

Hal itu disebabkan oleh faktor cuaca ekstrim hingga masih banyaknya pohon yang mengganggu jaringan lisitrik.

“Mati lampu belakangan ini bukan ada unsur sengaja, namun hal itu disebabkan oleh faktor cuaca. Dengan demikian kondisi itu, PLN Muara Enim terus berupaya memberikan pelayanan maksimal,” ujar Manager PLN ULP Muara Enim Irfan Maulana. 

Menurutnya, pengaruh cuaca yang berdampak langsung terhadap jaringan listrik yakni hujan bersamaan dengan angin kencang. 

Hal ini membuat pohon-pohon yang ada, bersentuhan langsung dengan jaringan hingga menyebabkan listrik padam.

Diakuinya, untuk wilayah kerja PLN Muara Enim masih ada pohon yang berada disekitar jaringan listrik. 

“Pohon yang menyentuh jaringan tidak saja membuat listrik padam disekitar lokasi tersebut, tetapi juga berdampak kepada jaringan secara keseluruhan. Karena, sistim alat yang ada di jaringan membuktikan berfungsi,” ungkapnya.

Selain itu, penyebab mati lampu belakangan ini juga disebabkan adanya gangguan tehnis dan pohon tumbang yang mengenai jaringan. Hal itu terjadi di beberapa lokasi dan waktu yang berbeda.

Tanggal 8 Maret 2024 padam pukul 19.41 WIB, penyebab padam dikarenakan oleh adanya putusnya konduktor akibat sambaran petir di Desa Pinang Belarik. 

Tanggal 17 Maret 2024 padam pukul 18.43 WIB, penyebab padam dikarenakan oleh adanya pohon durian di Desa Darmo dan pohon waru di Pulau Panggung Enim roboh menimpa jaringan. 

Tanggal 19 Maret 2024 padam pukul 18.30 WIB, penyebab padam dikarenakan oleh adanya kabel beradu didepan Pesantren Kelawas.

25 Maret 2024 padam akibat adanya pohon sengon yang roboh di Tegal Rejo RT 14.

“Kondisi seperti ini perlu perbaikan beberapa jam dan listrik terpaksa dipadamkan,” jelasnya. 

Pihaknya meminta maaf atas ketidaknyamanan yang terjadi. Saat padam PLN akan berusaha segera melakukan rekonfigurasi / manuver jaringan sebagai upaya untuk memperkecil pelanggan yang merasakan dampak padam dan tetap melakukan penormalan sesegera mungkin. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: