Pemkab Lahat Launching Gerakan MACAK, Pj Bupati Lahat Harapakan ini Kedepanya

Pemkab Lahat Launching Gerakan MACAK, Pj Bupati Lahat Harapakan ini Kedepanya

Pj Bupati Lahat Muhammad Farid SSTP MSi Launching Gerakan Menanam Cabe Secara Serentak (Macak)-foto Novri yanto-lahatposco

Lahatpos.co – Dalam rangka mewujudkan kemandirian pangan keluarga, sekaligus mengurangi inflasi, Pemerintah Kabupaten Lahat Melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP) bekerja sema dengan Kodim 0405/Lahat, Hari ini, Selasa 26 maret 2024, menyelenggarakan kegiatan Launching Gerakan Menanam Cabe Secara Serentak (Macak).

 

Kegiatan ini dipusatkan di Markas Koramil 405-07/Pulau Pinang, Desa Kedaton, Kecamatan Pagar Gunung, Kabupaten Lahat, Dan diikuti oleh instansi pemerintah lainnya di 24 kecamatan termasuk juga 13 Koramil.

Dalam sambutanya, Pj Bupati Lahat, Muhammad Farid SSTP Msi didampingi Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Peternakan (TPHP), Eti Listina SP MM menuturkan, program ini adalah kolaborasi antara pihak Mabes TNI AD dengan Kementerian Pertanian (Kementan).

"Disamping itu, merupakan ide atau gagasan dari Pj Bupati Lahat untuk menciptakan program yakni Macak, untuk menekan inflasi ditengah-tengah masyarakat," ulasnya.

Oleh karena itulah, sambung dirinya, Pj Gubernur Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) melalui Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP) Goes to Office and School, ditindaklanjuti di tingkat daerah nantinya mampu menekan laju inflasi yang saat ini telah berjalan.

"Selama ini kita diposisikan sebagai konsumtif, saatnya lah pola tersebut diubah menjadi produktif dengan memanfaatkan perkarangan rumah atau lahan tidak luas, untuk ditanami sayuran maupun buah-buahan," sebut dia.

Ia mengharapkan, gerakan Macak ini dapat diikuti pada instansi pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), BUMD, Sekolah serta masyarakat secara masih, sistematis dan terukur.

"Makanya, sebagai langkah awal di tanam diatas lahan 0,25 hektar, sebagai Pilot Project (percontohan) untuk menyukseskan ketahanan pangan," harap Muhammad Farid.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co