Selama Bertahun-tahun Jika Hujan Deras Dua Desa di Kabupaten Lahat ini Terisolir, Butuh Perhatian Pemerintah

Selama Bertahun-tahun Jika Hujan Deras Dua Desa di Kabupaten Lahat ini Terisolir, Butuh Perhatian Pemerintah

Banjir membuat dua desa di Kabupaten Lahat Terisolir --

LAHATPOS.CO, Merapi timur  - Selama bertahun-tahun dua desa di Kabupaten Lahat ini selalu terisolir oleh banjir jika hujan datang yang cukup deras. Akibatnya warga di dua desa ini tidak bisa beraktivitas seperti biasanya baik itu karyawan, ASN ataupun anak sekolah.

Dua desa tersebut adalah desa Cempaka Wangi dan Desa Lematang Jaya Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat.

Dari informasi yang dihimpun lahatpos.co Kamis, 21 Maret 2024 puluhan warga desa Cempaka Wangi yang akan melintas terhalang oleh derasnya aliran air sekitar 70 meter dengan kedalaman sekitar 1,5 meter akibat hujan deras semalaman. Sehingga sangat menggangu warga yang akan beraktivitas seperti biasanya.

Saat di konfirmasi lahatpos.co kepala desa Cempaka Wangi Setio  membenarkan bahwa jalan yang merupakan jalan menuju ke desa Cempaka Wangi dan desa Lematang Jaya terhalang banjir.

"Ya benar ini akibat hujan semalam yang cukup deras sehingga membuat jalan masuk desa Cempaka Wangi ini terhalang banjir"

"Ya memang tidak lama banjir ini biasanya sekitar 4 jam an, namun dengan kondisi ini warga sangat terganggu untuk beraktivitas baik karyawan,  warga yang ke kalangan, ASN juga anak sekolah yang melintas" ujar Setio.

Selain itu menurut Setio, sebenarnya banjir ini bisa di antisipasi dengan di perlebar gorong - gorong yang ada di jalan tersebut. Biasanya setiap tahun hanya sesekali banjir seperti ini, tapi di tahun ini sudah beberapa kali banjir ini sehingga sangat menggangu meski hanya sekitar 4 jam"

"Gorong - gorong di jalan itu cukup kecil sehingga jika hujan deras tidak bisa menampung debet air hujan yang ada karena terlalu kecil"

Sehingga kami berharap kepada pihak terkait ataupun pemerintah daerah agar bisa membantu memberikan solusi terhadap banjir ini yang sudah menjadi langganan setiap hujan deras"  (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: