Malam Nisfu Syaban, Jemaah Masjid Nurul Hidayah Tanjung Payang Mengikuti Pembacaan Surat Yasin

Malam Nisfu Syaban, Jemaah Masjid Nurul Hidayah Tanjung Payang Mengikuti Pembacaan Surat Yasin

Malam Nisfu Syaban, Jemaah Masjid Nurul Hidayah Tanjung Payang Mengikuti Pembacaan Surat Yasin.-Foto: dok/lahatpos.co-

Malam Nisfu Syaban menjadi momentum bagi umat muslim untuk memperbanyak ibadah dan amalan. Sebab pada malam tersebut, Allah SWT membukakan pintu ampunan dan 300 pintu rahmat.

Malam Nisfu Syaban merupakan malam istimewa, di mana dosa-dosa orang mukmin diampuni, seperti yang dijelaskan dalam Hadits Rasulullah SAW berikut ini:

"Allah turun ke bumi pada malam Nisfu Syaban. Dia akan mengampuni segala sesuatu kecuali dosa musyrik dan orang yang di dalam hatinya tersimpan kebencian." (HR. Al-Baihaqi)

Malam Nisfu Syaban ini juga disebut sebagai lailatul maghfirah atau malam pengampunan. Pada malam tersebut ada amalan tertentu yang dilakukan sebagai wasilah untuk mendekatkan diri kepada Allah swt.

Kapan Tepatnya Malam Nisfu Syaban?

Masih dari sumber yang sama, malam Nisfu Syaban dalam penanggalan kalender Hijriyah jatuh pada tanggal 15 Syaban. Dalam bahasa Arab, Nisfu artinya pertengahan. Sehingga, Nisfu Syaban adalah pertengahan di bulan Syaban.

Bulan Syaban juga salah satu bulan istimewa karena letaknya yang mendekati bulan Ramadhan. Tahun ini, bulan Syaban 1445 Hijriyah dimulai sejak matahari terbenam pada 29 Rajab atau Sabtu, 10 Februari 2024 malam.

Sementara itu, malam Nisfu Syaban akan jatuh pada pertengahan bulan Syaban, yakni pada Sabtu, 24 Februari 2024 malam hingga Minggu, 25 Februari 2024.

Malam Nisfu Syaban menjadi salah satu waktu yang dimuliakan dalam Islam. Oleh karena itu, umat Islam dapat mulai mempersiapkan diri untuk menjemput datangnya malam Nisfu Syaban dengan penuh pengharapan anugerah dari Allah SWT.

Keutamaan Malam Nisfu Syaban

Mengutip laman Nahdlatul Ulama, malam Nisfu Syaban memiliki banyak nama. Masing-masing dari nama-nama itu mempunyai makna keutamaan dan kemuliaan tersendiri yang bisa diraih oleh umat Islam.

Al-Hafiz al-Muhaddits Syekh Salim as-Sanhuri dalam salah satu kitabnya menjelaskan sepuluh nama tersebut yakni:

1. Malam yang Diberkahi (Mubarakah)

Pada malam pertengahan bulan Syaban, Allah SWT memerintahkan para malaikat untuk turun ke langit dunia dan menebar kebaikan pada manusia. Pada malam itu, jarak antara manusia dengan para malaikat sangat dekat. Kedekatan itu menjadi keberkahan tersendiri yang hanya diberikan kepada umat Nabi Muhammad SAW.

2. Malam Pembagian Takdir (Qismah wa at-Takdir)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: