Baca ini !! BMKG Berikan Informasi Kapan Indonesia Mulai Masuk Musim Kemarau 2024

Baca ini !! BMKG Berikan Informasi Kapan Indonesia Mulai Masuk Musim Kemarau 2024

foto hanya ilustrasi-sumber foto google-lahatposco

Lahatpos.co – musim kemarau 2024.

Seperti yang kita lihat, sampai hari ini 16 februari 2024, sebagian wilayah di Indonesia masih diguyur hujan, bahkan tak jarang hingga menyebabkan bencana banjir dan tanah longsor.

Banyak masyarakat yang bertanya tanya kapan musim hujan akan berhenti dan kapan akan tiba musim kemarau di Indonesia pada tahun 2024.

Hal ini di susul dengan cuaca yang kadang tidak menentu musimnya, nah bagi kamu yang penasaran berikut BMKG Berikan informasi mengenai kapan Indonesia akan masuk musim kemarau tahun  2024.

"Ada beberapa wilayah yang sudah mulai memasuki periode kemarau seperti bulan Februari itu di Aceh, Riau, Sumatra Utara bagian Timur. Karena di daerah itu memang terjadi dua kali musim hujan dan saat ini sudah masuk musim kemarau yang kedua," kata Kepala Pusat Informasi Perubahan Iklim BMKG,

Namun secara umum, transisi ke musim kemarau akan terjadi pada bulan Mei. Fachri juga mengingatkan ada beberapa wilayah yang mengalami curah hujan rendah.

Beberapa daerah yang memiliki curah hujan rendah seperti Jawa Tengah dan Jawa Timur. Seluruh daerah tersebut,

Bulan Januari hingga Februari ini juga menandakan sebagai periode puncak musim hujan 2024. Dalam laporan Climate Outlook 2024 BMKG, curah hujan tahun ini cenderung lebih basah dibandingkan tahun sebelumnya.

Namun curah hujan Maret 2024 disebut sama seperti Maret 2023. Pada Juli akan jauh lebih kering dibandingkan tahun lalu.

Pada kuartal pertama tahun ini curah hujan pada musim hujan diperkirakan akan normal kecuali untuk bagian selatan Indonesia yang di bawah normal. Sedangkan curah hujan pada awal musim kemarau diprediksi normal pada pertengahan tahun.

Semoga bermanfaat.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co