Dengan Cara ini, Wifi di Laptop Kamu Lebih Kencang, Internetan Pun Jadi Super Lancar

Dengan Cara ini, Wifi di Laptop Kamu Lebih Kencang, Internetan Pun Jadi Super Lancar

foto hanya ilustrasi-sumber foto google-lahatposco

Lahatpos.co – Berselancar di internet memang Sudah jadi bagian hidup seseorang saat ini, sehari saja tidak membuka internet rasanya seperti ada yang kurang.

Terlebih hampir semua akses pekerjaan saat ini menggunakan internet untuk berkomunikasi, entah itu Facebook, wahatsapp atau yang lainya.

Namun yang jadi masalah, wifi di laptop kita menjadi lemot dan kurang kencang dalam internetan, melalui artikel ini kita akan mengupas tuntas dan memberikan kamu beberapa cara mengatasi wifi laptop yang lemot agar bisa kembali internetan dengan lancar.

1. Posisikan router dengan benar

Posisi router di sebuah ruangan sangat penting diperhatikan. Misalnya, jika router ditempatkan di sudut rumah yang jauh dari jangkauan, kemungkinan besar, sinyal WiFi bakal tidak bisa ditangkap dengan baik di perangkat. Oleh karena itu, supaya sinyal WiFi menjadi kuat, pengguna perlu memosisikan router dengan benar. Lokasi router yang ideal adalah sedekat mungkin dengan tempat di mana pengguna banyak beraktivitas dan berada di area terbuka. Kemudian, router sebaiknya diletakkan pada area yang jauh dari perangkat elektronik lain dan minim penghalang. Pasalnya, semakin banyak penghalang seperti dinding atau pintu, semakin tinggi pula potensi sinyal WiFi terganggu. Semakin banyak dinding, pintu, dan penghalang lain di dekat router Anda, semakin tinggi kemungkinan sesuatu mengganggu sinyal Anda. Sebaiknya, letakkan router di area yang tinggi, sehingga dapat memaksimalkan jangkauan sinyalnya.

2. Ubah posisi antena router

Router dilengkapi dengan salah satu dari dua jenis antena, yakni antena internal atau eksternal. Jika router memiliki dua antena eksternal, coba posisikan antena tersebut satu mengarah secara vertikal dan yang lainnya diposisikan secara horizontal.
Dikutip dari Cnet, transmisi antara router dan perangkat lain akan maksimal ketika penerima dan pemancar beroperasi pada bidang yang sama.

 

3. Gunakan adaptor powerline

Jika pengguna tinggal di ruangan bertingkat dan luas, sehingga tidak dapat menempatkan router secara terpusat, solusinya supaya sinyal WiFi tetap terjangkau adalah dengan menggunakan adaptor powerline. Untuk diketahui, adaptor powerline merupakan perangkat jaringan yang dapat menyalurkan koneksi internet melalui kabel. Pengguna bisa menghubungkan laptop dengan kabel ethernet ke adaptor powerline untuk mendapatkan koneksi internet yang disalurkan router.

 

5. Jauhkan router dengan perangkat elektronik lain

Gelombang mikro yang dihasilkan perangkat elektronik seperti microwave dan speaker bluetooth dapat berpotensi menimbulkan gangguan pada sinyal WiFi. Oleh karena itu, sebaiknya jauhkan router dengan perangkat elektronik agar sinyalnya bisa diterima secara optimal oleh laptop.

 

6. Gunakan WiFi dengan frekuensi 5 GHz

Untuk mengurangi gangguan tersebut, pengguna bisa mengatur frekuensi operasi router di 5 GHz. Pengaturan tersebut biasanya dapat dijumpai di masing-masing halaman administrator pengaturan router.

 

7. Pilih channel WiFi yang tidak ramai

Jika tinggal di lingkungan yang ramai seperti apartemen, perumahan, kos, dan menggunakan beberapa router untuk mengakses internet bersama, pengguna bisa memilih channel yang minim dipakai supaya tidak banyak mengalami gangguan sinyal.

semoga bermanfaat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co