Ini Peran Aisyiyah Saat Pemilu, Pimpinan Daerah Aisyiyah Lahat Menggelar Lokakarya Pendidikan Pemilih

Ini Peran Aisyiyah Saat Pemilu, Pimpinan Daerah Aisyiyah Lahat Menggelar Lokakarya Pendidikan Pemilih

AJAK : Ketua Inklusi Pimpinan Daerah Aisyiyah Lahat dr Hj Laela Cholik MKes saat mengisi materi dalam Lokakarya Pendidikan Pemilih untuk Pemilu yang Inklusif dan Bermartabat, di Gedung Dakwah Muhammadiyah Lahat, Jumat (26/1/2024).-Foto: Amir/lahatpos.co-

Lahatpos.co - Pimpinan Daerah Aisyiyah Lahat melalui Program Inklusi Pimpinan Pusat Aisyiyah menggelar Lokakarya Pendidikan Pemilih untuk Pemilu Inklusif dan Bermartabat di Gedung Dakwah Muhammadiyah Lahat, Jumat (26/1/2024).

Kegiatan yang merupakan bagian dari Program Inklusi Pimpinan Pusat Aisyiyah tersebut, bertujuan mewujudkan pemilu yang inklusif dan bermartabat, terlebih sebagai langkah penting dalam memastikan keterlibatan aktif dan kesetaraan seluruh elemen masyarakat dalam proses demokrasi, terutama menjelang Pemilu 2024, mendatang.

Ketua Pimpinan Daerah Lahat, dr Hj Laela Cholik MKes mengungkapkan, lokakarya ini diikuti oleh lebih dari 60 peserta terdiri dari komunitas Balai Sakinah Aisyiyah (BSA), Komunitas Wanita Disabilitas Indonesia, Persatuan Penyandang Disabilitas Indonesia, aktivis angkatan muda, PKK, PPA dan media.

"Insya Allah, Aisyiyah mengajak menjadi pemilih yang cerdas. Pentingnya pemilihan yang cerdas, khususnya dalam menciptakan pemilu yang ramah terhadap difabel dan kaum peremuan, " terangnya, Jumat (26/1/2024).

Dirinya menambahkan, acara ini ditindaklanjuti dengan pembuatan Rencana Tindak Lanjut dan deklarasi bersama pemilih inklusif yang bermartabat, serta mengajak kepada seluruh masyarakat agar menjadi pemilih yang cerdas. 

"Pemilu inklusif bertujuan untuk melibatkan seluruh warga negara tanpa memandang ras atau keterbatasan fisik, pentingnya partisipasi semua pihak untuk menghasilkan wakil rakyat yang memperhatikan kebutuhan semua kelompok, termasuk disabilitas, supaya nanti menghasilkan wakil-wakil rakyat yang dapat mengakomodasi atau yang dapat memperhatikan kebutuhan disabilitas atau kebutuhan kita semua," harapnya. 

Sementara itu, Ketua Divisi Perencanaan dan Data KPU Kabupaten Lahat, Emil Asy Ary  sebagai salah satu narasumber, mengapresiasi peran aisyiyah disegala bidang, terlebih perhatian pentingnya hak akses disabilitas dalam pemilu 2024.

Emil mengatakan Pemilu kali ini akan memberikan fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas, seperti template huruf braille untuk disabilitas netra dan akses serta pendampingan di Tempat Pemungutan Suara (TPS)

"Insya Allah, hal ini sangat luar biasa menyoroti peran wanita, terlebih nantinya di TPS juga akan memberikan akses kepada penyandang disabilitas serta memberikan pendampingan kepada disabilitas tunanetra," jelasnya.

Turut hadir Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah Lahat H. Ahmad Mutaqin MSI bersama sekretarianya H Said Chandra Alatas, serta peserta Lokakarya Pendidikan Pemilih Untuk Pemilu yang Inklusif dan Bermartabat.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: