Ada Perempuan Jadi Bakal Calon Ketua PWI Sumsel Periode 2024-2029, Jadwal Pemilihan Tanggal 23-24 Januari

Ada Perempuan Jadi Bakal Calon Ketua PWI Sumsel Periode 2024-2029, Jadwal Pemilihan Tanggal 23-24 Januari

Ada perempuan jadi Bakal Calon Ketua PWI Sumsel periode 2024-2029, jadwal pemilihan tanggal 23-24 Januari 2024.-Foto: dok/lahatpos.co-

Lahatpos.co - Ada perempuan menjadi Bakal Calon Ketua PWI Sumsel periode 2024-2029. Namanya, Dwitri Kartini. PWI Pusat menyetujui sebanyak tujuh Bakal Calon Ketua PWI Sumsel periode 2024-2029. PWI Pusat juga menyetujui Bakal Calon Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumsel periode 2024-2029.

Awalnya PWI Pusat menerima surat panitia Konferensi PWI Provinsi Sumsel Nomor: 12/PWI-SS/I/2024 tanggal 7 Januari 2024 tentang penyerahan berkas persyaratan Bakal Calon Ketua PWI Sumsel periode 2024-2029 dan Bakal Calon DKP Provinsi Sumsel.

Setelah meneliti dan memverifikasi semua berkas-berkas Bakal Calon Ketua PWI Provinsi Sumsel, dan bakal calon Ketua DKP PWI Provinsi Selatan, maka PWI Pusat menyatakan menyetujui dan menyatakan memenuhi syarat.

Berkas Bakal Calon Ketua PWI Provinsi Sumsel periode 2024-2029 Dwitri Kartini dinyatakan memenuhi syarat. Dwitri Kartini bukan orang baru di PWI Sumsel. Sekarang ia menjabat sebagai Sekretaris PWI Sumsel.

Dwitri Kartini tidak sendirian memenuhi syarat oleh PWI Pusat. Berkas Bakal Calon Ketua PWI Sumsel periode 2024-2029 yang memenuhi syarat adalah Afdhal Azmi Djambak, Agus Harizal, Dwitri Kartini, Hadi Prajogo, Kurnaidi, M Syarifudin Basrie dan Richan Joe.

Sedangkan berkas Bakal Calon Ketua DKP PWI Sumsel yang memenuhi syarat adalah Afdhal Azmi Djambak, Helmi Marshindang, M Syarifudin Basrie, dan Ocktap Riyadi.

Seperti diketahui, masa jabatan pengurus PWI Sumsel periode 2019-2024 akan berakhir pada 26 Januari 2024 mendatang. Sesuai amanat organisasi maka harus dilakukan Konferensi Provinsi (Konferprov) sebagai bentuk legal formal wujud dinamika organisasi yang secara berkelanjutan dalam rangka optimalisasi kinerja. 

Hal itu ditegaskan Ketua Panitia Konferprov PWI Sumsel 2024 yang juga Pemred Harian Sumselpers, Kawar Dante dalam siaran persnya.  

Menurutnya, ada beberapa perubahan mekanisme dalam pemilihan Ketua PWI 2024 sesuai dengan Surat Edaran PWI Pusat No 117/PWI-P/LXXVII/2023 tanggal 27 November 2023.  

Dalam surat edaran itu, menetapkan tentang Waktu Konferensi, Panitia, Peserta dan Tata Cara Pencalonan serta Pemilihan Ketua PWI. 

‘‘Mengacu pada surat ederan tersebut memang ada beberapa perubahan yang cukup signifikan. Seperti proses tahapan pemilihan bahkan mekanisme pemilihan itu sendiri,’’ ujarnya. 

Syarat dan mekanisme yang sama juga disematkan pada calon Ketua Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) PWI Sumsel. Untuk ditetapkan sebagai Calon Ketua PWI Sumsel dan DKP PWI Sumsel harus memenuhi beberapa syarat seperti mengantongi Kartu Anggota Biasa PWI dan Sertifikasi Wartawan Utama dan pernah menjadi pengurus.  

"Perubahan yang krusial ada pada mekanisme pemilihan yakni menggunakan kertas suara berisikan foto dan nama calon ketua yang harus dicetak terlebih dahulu oleh panitia," tegasnya.  

Berbeda dalam pemilihan periode sebelumnya, para calon dapat diusulkan pada saat hari pelaksanaan konferprov berlangsung. Kini, harus mendaftar ke panitia dan panitia sudah membuat jadwal tahapan pendaftaran sampai proses pemilihan itu sendiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: