Ada Perempuan Jadi Bakal Calon Ketua PWI Sumsel Periode 2024-2029, Jadwal Pemilihan Tanggal 23-24 Januari

Ada Perempuan Jadi Bakal Calon Ketua PWI Sumsel Periode 2024-2029, Jadwal Pemilihan Tanggal 23-24 Januari

Ada perempuan jadi Bakal Calon Ketua PWI Sumsel periode 2024-2029, jadwal pemilihan tanggal 23-24 Januari 2024.-Foto: dok/lahatpos.co-

Schedulle pendaftaran calon ketua PWI Sumsel dimulai dari tanggal 10-20 Desember 2023, perbaikan berkas calon ketua 20-25 Desember, 25-30 Desember 2023 masa sanggah, dan 2-3 Januari 2024 penetapan calon.  

Saat mendaftar para calon dapat mengisi formulir yang disediakan oleh panitia dengan melengkapi syarat formil seperti fotokopi atau scan Kartu UKW Utama dan Kartu Anggota Biasa yang masih berlaku, fotocopi KTP, menyertakan program Visi dan Misi jika terpilih sebagai ketua, serta surat pernyataan lain seperti bersedia meluangkan waktu jika terpilih, surat pernyataan tidak rangkap jabatan dan bersedia mengundurkan diri sebagai ketua organisasi perusahaan pers serta surat pernyataan tidak sebagai caleg maupun timses pilpres, pileg maupun Pilkades.  

Setelah nanti para calon dinyatakan sah maka akan ditetapkan dengan surat keputusan panitia. Selanjutnya diharapkan para calon dapat mengikuti dialog visi misi yang akan dijadwalkan panitia. Sehingga pada saat hari pemilihan akan menghemat waktu tidak perlu ada paparan visi dan misi.

"Jadi bagi yang berminat menjadi calon ketua harus memperhatikan jadwal tahapan dan syarat formil untuk selanjutnya ditetapkan secara sah sebagai calon ketua. Nanti panitia akan mencetak surat suara untuk calon ketua PWI Sumsel maupun calon ketua DKP Sumsel sesuai dengan jumlah suara pemilih," ujarnya.  

Sesuai dalam surat edaran PWI Pusat, untuk jumlah suara pemilih akan dituangkan dalam Daftar Pemilih Sementara (DPS) dan Daftar Pemilih Tetap (DPT). 

Nah jumlah DPT ini lah yang nanti akan dicetak menjadi surat suara untuk memilih calon ketua dengan cara dicoblos. 

Jika ada coretan dan centrang pada surat suara maka dinyatakan tidak sah. 

Mengenai jadwal pelaksanaan, panitia tetap berpegang pada jadwal yang telah ditetapkan yakni 23-24 Januari 2024. Namun panitia juga memperhatikan kondisi kekinian mengingat jadwalnya beririsan dengan agenda politik nasional seperti tahapan kampanye dan kondisional lainnya seperti support pemerintah provinsi (Pemprov Sumsel). “’Sejauh ini panitia tetap on schedule dengan jadwal,’’ tukasnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: