Emak – Emak Baca ini !! Berikut Trik Jitu Kelola Keuangan Rumah Dengan Gaji Kecil

Emak – Emak Baca ini !! Berikut Trik Jitu Kelola Keuangan Rumah Dengan Gaji Kecil

foto hanya ilustrasi-sumber foto google-lahatposco

Lahatpos.co – Trik Jitu Mengelola keuangan rumah tangga dengan gaji kecil.

Mengatasi keuangan rumah tangga dengan gaji yang kecil memang bikin pusing kepala, banyak emak emak yang harus putar otak bagaiamana caranya agar gaji tersebut bisa cukup untuk kebutuhan satu bulan.

Nah melalui artikel ini kita akan membahas Trik Jitu Kelola Keuangan Rumah Dengan gaji kecil, dilansir dari berbagai sumber, berikut caranya.

Menghemat Pengeluaran untuk Beberapa Aktivitas

Anda dapat melakukan beberapa aktivitas sekaligus untuk menghemat pengeluaran seperti: membeli makan siang sambil melakukan tugas di luar kantor. Hal ini akan lebih menghemat pengeluaran BBM daripada melakukan beberapa perjalanan sepele yang tidak efisien.

 

 Mencari Penghasilan Tambahan

Manfaatkan waktu yang dimiliki untuk mencari penghasilan tambahan. Ada banyak cara untuk memperoleh tambahan penghasilan seperti: menjual pulsa, menjadi penulis lepas, jualan online, dan sebagainya yang terpenting tidak mengganggu pekerjaan utama. Dengan semakin banyak penghasilan tambahan, maka akan semakin banyak gaji yang dapat disisihkan untuk tabungan.

 

Kurangi Kebiasaan Makan di Luar atau Pesan Makan Online

Makan sesekali di restoran dan pesan makan online tidak masalah, namun jika hal ini menjadi sebuah kebiasaan rutin akan menghabiskan gaji secara cepat.

Harga makanan di restoran setidaknya hingga 4X lipat daripada makanan buatan sendiri. Belum lagi jika Anda keseringan pesan makanan online, tentu biaya makan Anda akan naik.

 

 Pilih Paket dan Gunakan Data Internet dengan Hemat

Data internet sudah menjadi kebutuhan pokok bagi masyarakat Indonesia. Apalagi kini semuanya serba online, mau itu urusan pekerjaan, dagang hingga sekolah/pendidikan, semuanya dilakukan secara online. 

Otomatis Anda pastinya perlu paket data internet atau koneksi WiFi di rumah. Biar hemat, usahakan untuk memilih paket data internet atau Wi-Fi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan harga yang sesuai bujet. 

Hal yang Wajib Dihindari dalam Mengatur Keuangan Rumah Tangga

Selain tips dalam mengatur keuangan rumah tangga, kamu juga perlu mengetahui hal-hal yang tidak boleh dilakukan ketika mengatur keuangan rumah tangga seperti berikut ini:

1. Tidak Mendiskusikan Masalah Keuangan dengan Pasangan atau Anggota Keluarga Lain

Untuk yang sudah menikah khususnya, ada baiknya untuk transparan dan rutin dalam membicarakan masalah finansial rumah tangga kalian ke pasangan kamu. Dengan begitu evaluasi atau mencari solusi dalam masalah keuangan tersebut bisa diselesaikan dengan lebih mudah karena ada dua kepala yang sama-sama memikirkan solusinya.

2. Memakai Kartu Kredit tapi Membayar Minimum

Bagi yang terbiasa menggunakan kartu kredit, bijak-bijaklah menggunakannya. Supaya beban biaya bunga kartu kredit tidak besar, penting untuk selalu membiasakan diri membayar seluruh tagihan kartu kredit sampai lunas sebelum jatuh tempo. Saat belanja, hindari pemakaian kartu kredit yang berlebihan.

3. Belanja Impulsif karena Lingkungan

Belanjalah karena kebutuhan bukan karena pengaruh lingkungan. Sekalipun ada diskon, kita perlu tetap cermat dalam berbelanja. Prioritaskan uang untuk membeli kebutuhan primer terlebih dahulu, tabungan dan membayar tagihan-tagihan. Jadi hindari hal-hal yang bisa membuat kamu belanja implusif seperti salah satunya adalah aplikasi belanja online.

4. Terlalu Banyak Hutang

Ada baiknya jika memiliki hutang atau cicilan maksimal 2 barang untuk pembelian dibawah 2 juta dan 1 barang diatas 5 juta. Dan untuk jenis cicilan lainnya seperti kendaraan bermotor atau rumah ada baiknya dilakukan satu-satu, misalnya selesaikan dulu cicilan kendaraan (motor/mobil) sampai lunas baru mencicil rumah begitupun sebaliknya.

5. Tidak Punya Dana Darurat

Tidak memiliki dana darurat bisa menimbulkan hutang baru. Jadi ada baiknya selain pos menabung dan investasi kamu juga harus bisa mensisihkan uang untuk pos dana darurat. Dana darurat ini memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan keuangan rumah tangga. Seperti bisa digunakan untuk dana perbaikan rumah, biaya kesehatan yang tidak ditanggung asuransi atau bantu bayar cicilan ketika keuangan sedang krisis.

Disiplin Itu Kunci Sukses

Ada banyak cara untuk menghemat uang jika Anda mau melakukannya. Disiplin dalam menjalankan rencana keuangan adalah kunci untuk mengatur gaji yang kecil. Gunakan beberapa cara diatas untuk meraih kondisi finansial yang sehat.

Coba hitunglah berapa banyak penghematan dari masing-masing cara dan simpan uang tersebut di bank sebagai dana darurat, atau ke rekening tabungan berkala untuk investasi.

Semoga bermanfaat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co