Mantap!! 20 RT Kelurahan Talang Jawa Selatan Lahat di Fogging Massal

Mantap!! 20 RT Kelurahan Talang Jawa Selatan Lahat di Fogging Massal

Fogging di Wilayah Kelurahan Talang Jawa Selatan Lahat-Foto : IST-lahatpos.co

Lahatpos.co - upaya nyata pencegahan dan penanganan Demam Berdarah Dengue (DBD), Pemerintah Kabupaten Lahat Melalui Dinas Kesehatan Bekerja sama dengan Puskesmas Usila dan Kelurahan melaksanakan giat Fogging masal di 20 RT Se-kelurahan Talang Jawa Selatan, Pada Kamis 4 Januari 2023.

Kegiatan tersebut dinilai menjadi langkah antisipatif melindungi warga dari penyakit demam berdarah dangue (DBD).

Kepala Puskesmas Usila Lahat Meri Yuli Astini Skm mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud kepedulian Pemerintah Kabupaten Lahay Melalui Dinas Kesehatan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat mencegah dan mengurangi perkembang biakan nyamuk yang menyebabkan DBD sekaligus meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga kebersihan. 

"Dengan adanya foging , diharapkan masyarakat agar lebih memperhatikan kesehatan dan lingkungan, masyarakat bersama-sama meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat.," ungkapnya. 

Dirinya menambahkan , Selain fogging, tim UPT Puskesmas Usila Lahat juga melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang upaya pencegahan penularan DBD dengan program pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan penerapan 3M Plus, Tunas Meri. 

Sementara itu Lurah Talang Jawa Selatan Willy Andreas SE Mengucapkan, terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Lahat yang dalam hal ini Dinas Kesehatan Lahat, Serta Puskesmas Usila, yang sudah sangat membantu masyarakat dalam pencegahan Demam Berdarah (DBD) di musim penghujan seperti saat.

" harapan kami setelah kegiatan ini, warga juga ikut berperan serta menjaga kebersihan di lingkungan masing masing, sehingga dapat meminimalisir penyebaran penyakit demam berdarah serta penyakit2 lainnya yang disebabkan oleh lingkungan yang tidak sehat " 

Tak lupa dirinya juga mengimbau kepada masyarakat, jika di lingkungan tempat tinggalnya ditemukan kasus DBD segera melapor ke kelurahan atau puskesmas setempat agar segera dilakukan penyemprotan fogging.

“Koordinasikan dengan kelurahan dan puskesmas, kita akan fogging, supaya DBD tidak menyebar luas" Tutupnya. 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co