Kepala Desa Tanjung Payang Sapri Terima Penghargaan dan Lencana Desa Mandiri

Kepala Desa Tanjung Payang Sapri Terima Penghargaan dan Lencana Desa Mandiri

Kepala Desa Tanjung Payang Sapri terima penghargaan dan lencana Desa Mandiri.-Foto: dok/lahatpos.co-

Lahatpos.co - Kepala Desa Tanjung Payang Sapri menerima penghargaan dan lencana atas upaya mewujudkan Tanjung Payang sebagai desa mandiri dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT).

Piagam penghargaan dan lencana desa mandiri yang diterima Kepala Desa Tanjung Payang Kecamatan Lahat Selatan Kabupaten Lahat, ditanda tangani langsung oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), Abdul Halim Iskandar.

Dalam piaga penghargaan dan lencana itu, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) memberikan piagam penghargaan berdasarkan nomor: 3748/KPG.02.06/2023, berdasarkan Keputusan Menteri Nomor: 175 tahun 2023 tentang Pemberian Penghargaan Desa dengan Status Mandiri tahun 2023 berupa Lencana Desa Mandiri.

Piagam penghargaan dan lencana Desa Mandiri diberikan kepada Kepala Desa Tanjung Payang Sapri, atas komitmen dan kerja keras dalam mewujudkan Desa Mandiri.

“Alhamdulillah kita menerima piagam penghargaan dan lencana Desa Mandiri dari Kemendes PDTT,” ujar Kepala Desa Tanjung Payang Sapri, Rabu, 3 Januari 2023.

Sementara itu, Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) akan memberikan penghargaan kepada 5.222 pemerintah desa (Pemdes) yang meraih status desa mandiri. Selain pemerintah desa, penghargaan juga diberikan kepada kabupaten atau kota, serta provinsi.

Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar (Gus Halim) menjelaskan kategori yang diberikan yaitu penghargaan utama dengan kriteria provinsi serta kabupaten/kota yang keseluruhan desanya memiliki status perkembangan desa mandiri. Kategori kedua, penghargaan madya dengan provinsi serta kabupaten/kota yang keseluruhan desanya memiliki status perkembangan desa maju dan mandiri.

"Ketiga penghargaan pertama dengan kriteria yang keseluruhan desanya memiliki status perkembangan desa berkembang, maju, dan mandiri," kata Gus Halim dalam keterangan tertulisnya.

"Saya sudah menandatangani Surat Keputusan Nomor 175 Tahun 2023 yang menyebutkan terdapat 11.456 desa mandiri," pungkas Gus Halim.

Berdasarkan data IDM 2023, diketahui jumlah desa mandiri bertambah menjadi 11.456 desa dari sebelumnya hanya 6.238 pada tahun 2022. Jumlah desa maju pun melesat menjadi 23.035 desa dibandingkan tahun 2022 hanya 20.249 desa. 

Jumlah desa berkembang pada tahun 2023 menurun jadi 28.766 dari tahun sebelumnya 33.902 desa. Begitu juga desa tertinggal turun jadi 7.154 desa dan sangat tertinggal tersisa 4.850 desa.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: