Simak Tujuan Pemdes Gedung Agung Mengadakan Pelatihan Aparatur Desa, ini Kata Kades

Simak Tujuan Pemdes Gedung Agung Mengadakan Pelatihan Aparatur Desa, ini Kata Kades

Foto bersama pelatihan aparatur desa Gedung Agung Kecamatan Merapi Timur --

LAHATPOS.CO, Merapi timur -  Inginkan perangkat desa yang cerdas dan bertanggung jawab. Itulah keinginan kepala Desa Gedung Agung Frengki saat menghadirkan tim dari Dinas DPMdes untuk memberikan Pelatihan Aparatur Desa di Desa Gedung Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, Jumat 29 Desember 2023.

"Kita menginginkan agar perangkat desa Gedung Agung bisa lebih cerdas serta lebih bertanggung jawab atas tugas -tugas  yang di embannya sebagai perangkat desa " kata Frengki.

Selain itu sambung Frengki, Sebagai perangkat desa juga harus bisa lebih melayani serta bisa mengayomi kepada masyarakat desa Gedung Agung.

Serta agar perangkat desa lebih bisa disiplin dalam menjalan tugas sehari-hari sebagai aparatur desa. Dan yang jelas harus mengetahui tugas pokok dan fungsi ( Tupoksi) sebagai aparatur desa.

Kepala Desa Gedung Agung juga berharap kepada perangkat  desa agar bisa membantu kepala desa dalam menjalankan tugasnya  sebagai aparatur desa dan mendukung dalam pembangunan desa juga mensukseskan pembangunan didesa agar lebih baik lagi, apalagi perangkat desa sudah diberikan tunjangan/gaji oleh pemerintah  sehingga harus bisa menjalankan tugas sebaiak-baiknya" harapnya.

Sementara itu Ahmad Hidayatulah yang hadir dari tim DPMdes yang memberikan materi dalam pelatihan Aparatur Desa ini memberikan materi tentang Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi) sebagai Perangkat Desa mulai dari Kepala Desa, Sekdes, Kasi,Kaur, Kadus dan Staf untuk bisa lebih memahami tupoksinya masing-masing.

Dirinya menyampaikan bahwa setiap perangkat desa harus mengetahui tugas nya masing masing dan bisa mengoptimalkan potensi yang ada didesa. Juga baiknya desa itu mempunyai profil desa, atau ada Bumdes/Bumdesma dan lain -lain untuk mengoptimalkan ekonomi di desa"

"Dirinya menyarankan bahwa setiap desa harus bisa mendirikan Bumdes (Badan Usaha Milik Desa ). Hal ini bukan tanpa alasan pendirian Bumdes untuk salah satu cara untuk mendapatkan PAD di desa karena setiap desa harus ada PAD (Pendapatan Asli Desa)

"Dan jangan mengandalkan Dana Desa terus karena jika suatu saat Dana Desa tidak ada maka desa sudah mempunyai PAD sendiri "ujarnya.

Selain menghadirkan pemateri dari tim DPMDes Kabupaten Lahat ada juga pemateri tambahan dari Pendamping Desa yang diberikan oleh Pendamping Desa Kecamatan Merapi Timur.

Pendamping Desa Kecamatan Merapi Timur Repison memberikan tambahan materi tentang pengunaan Dana Desa ditahun 2024.

"Pengunaan Dana Desa di tahun 2024 mendatang ada beberapa prioritas yang sudah ditetapkan oleh pemerintah seperti penanganan kemiskinan ekstrim seperti dengan adanya bantuan BLT-DD, program ketahanan pangan dan hewani minimal 20 persen dari Pagu Dana Desa, Ada Juga program pencegahan dan penurunan Stunting skala desa kemudian program sektor prioritas desa melalui bantuan permodalan Bumdes/Bumdesma dan alokasi operasional Pemdes sebesar 3 persen dari Pagu Dana Desa"

Hadir dalam pelatihan Aparatur Desa di Desa Gedung Agung Tim DPMdes Lahat Ahmad Hidayatulah beserta tim, Camat Merapi timur, Sekcam Merapi Timur, Kasi Ekobang, Kasi Pemerintahan,  Kades beserta Perangkat Desa, Babinsa Sertu Eko Suparyoto  (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: