Siaga Nataru dan Antisipasi Cuaca Ekstrem, PLN Martapura Lakukan Pemeliharaan Jaringan Listrik

Siaga Nataru dan Antisipasi Cuaca Ekstrem, PLN Martapura Lakukan Pemeliharaan Jaringan Listrik

Siaga Nataru dan Antisipasi Cuaca Ekstrem, PLN Martapura Lakukan Pemeliharaan Jaringan Listrik.-Foto: dok/lahatpos.co-

MARTAPURA, Lahatpos.co – Siaga Nataru dan antisipasi cuaca ekstrem, PLN Martapura lakukan pemeliharaan jaringan listrik. PLN UP3 Lahat ULP Martapura membuktikan bahwa kebersihan jaringan adalah kunci keandalan. 

Melibatkan 16 personil dan 1 alat berat, PLN Martapura berhasil membersihkan jaringan listrik sepanjang 6,7 km di wilayah KTM dan Pasundan (18/12/23). Kinerja jaringan, ULP Martapura dalam 1 bulan ini belum mengalami trip jaringan sehingga pembersihan pohon disekitar jaringan menjadi kunci kehandalan listrik. 

Manager ULP PLN Martapura, Rubiansyah menjelaskan pentingnya langkah preventif berupa pemeliharaan jaringan listrik ini. “Selain gerak cepat untuk penanganan korektif jika terjadi gangguan listrik, kami juga melakukan serangkaian langkah preventif dan pencegahan seperti sesi pemeliharaan jaringan listrik kali ini,” jelasnya.

Ia menjelaskan bahwa pemeliharaan jaringan listrik merupakan serangkaian kegiatan mulai dari pengecekan/ asesmen jaringan listrik, pemotongan pohon yang berpotensi mengganggu jaringan listrik, pembersihan jaringan dari material asing seperti benang layang-layang, kain, spanduk, pemeliharaan jaringan listrik dilaksanakan dengan metode Pekerjaan Dalam Keadaan Bertegangan (PDKB) maupun pemeliharaan preventif lainnya yang bertujuan untuk penguatan keandalan jaringan.

Sementara itu team leader tehnik PLN Martapura, Fadly menambahkan menambahkan kegiatan pemeliharaan ini dilaksanakan bersama dengan kantor pelayanan di bawah ULP Martapura. Selain merupakan langkah preventif untuk menanggulangi gangguan pada cuaca ekstrem musim penghujan, ia menyampaikan langkah ini juga dilaksanakan agar perayaan Natal dan Tahun Baru di bulan Desember ini berjalan dengan khidmat dan lancar.

“Kami berharap moment akhir tahun, tahun baru 2024 dan hari-hari selanjutnya pelanggan bisa menikmati listrik secara kontinyu. Masyarakat diminta mengikhlaskan tanam tumbuhnya dipampas ataupun di tebang agar tidak ada lagi pohon yang mengganggu jaringan listrik,” ujarnya. 

Maka dari itu petugas PLN rutin melakukan pembersihan tanam tumbuh yang berada dekat dengan jaringan Listrik. Dengan kegiatan bakti penyulang PLN berupaya menjaga keandalan listrik agar tersalur secara continue  dan pelanggan menikmati listrik dengan nyaman.

Sementara, informasi yang lainnya adalah menindaklanjuti keluhan masyarakat di jalan lintas Sumatera Desa Kebur Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat tepatnya di depan Masjid Al Mujahidin Desa Kebur Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat, terkait kabel Tegangan rendah (TR) pada sebagian tiang yang menjuntai. 

PLN ULP Lembayung langsung bergerak untuk melakukan pekerjaan tersebut dengan melibatkan Tim Reaksi Cepat pemeliharaan ULP Lembayung. 

Manager PLN ULP Lembayung Ludi Sandra mengatakan pihaknya langsung bergerak menindaklanjuti laporan tersebut dengan melakukan penggantian tiang beton 12,  overnett JTM dan JTR ke tiang baru. Termasuk pengencangan kabel-kabel yang terbentang sepanjang tiang di jalur lintas Merapi barat. 

”Iya kami langsung eksekusi atas laporan warga Merapi Barat. Kami perbaiki andongan kabel, penggantian tiang miring dan pemindahan kabel TR agar tidak mengganggu warga yang melintas. Tiang sebelumnya miring karena ditabrak kendaraan,” jelas Ludi.

Selain itu pihaknya juga tengah melakukan pemeliharaan pada jaringan PLN Lembayung pada kabel-kabel yang sebelumnya kendor dengan perbaikan clamp JTR.  Diharapkan penataan ini dapat memberikan kenyamanan kepada masyarakat. Sehingga menghindarkan masyarakat dari kecelakaan jika kabel tersebut mengendur ke bawah, yang dapat mengenai warga sekitar ataupun menyebabkan korsleting arus listrik.

“Kami minta kepada warga agar dapat melaporkan gangguan dan keluhan yang dialami melalui PLN Mobile. Laporan akan segera kami terima dan tindaklanjuti,” tambah Ludi.

Sementara itu Ratna warga setempat mengucapkan rasa terima kasih atas gerak cepat PLN dalam menanggapi keluhan warga sehingga kabel TR yang sebelumnya menggelantung rendah di depan Masjid Al Mujahidin sudah sudah dapat dinaikkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: