Selain Bikin Wajah Glowing, Simak Manfaat Air Hangat Berdasarkan Penelitian

Selain Bikin Wajah Glowing, Simak Manfaat Air Hangat Berdasarkan Penelitian

foto hanya ilustrasi-sumber foto google-lahatposco

Lahatpos.co – Cara mudah membuat wajah glowing ternyata sangatlah gampang, bagaimana tidak hanya dengan mandi air hangat dikatakan dapat membuat wajah kita lebih glowing, mau tauh penjelasnya ?

 

Simak artikel berikut ini.

Melansir dari Dokter kulit bersertifikat dan pendiri Central Dermatology Center di Chapel Hill, Beth G Goldstein, MD mengatakan berendam dalam air hangat dapat menghidrasi kulit. Namun, suhu air hangat perlu diperhatikan karena suhu air yang terlalu panas dapat menghilangkan minyak alami sehingga menyebabkan kulit kering.

American Academy of Dermatology juga merekomendasikan untuk menurunkan suhu air hangat-hangat kuku dan membatasi waktu mandi kurang lebih 10 menit untuk menghindari kulit kering.

Goldstein merekomendasikan untuk menggunakan pelembap setelah mandi untuk mengunci kelembapan. Gunakan pelembap yang mengandung ceramide atau lipid untuk membantu menghidrasi kulit.

Namun selain itu, ini manfaat air hangat bagi kesehatan tubuh.’

1.       1. Menjaga kesehatan jantung

Penelitian selama 20 tahun terhadap lebih dari 30.000 orang di Jepang mengungkapkan mereka merasakan mandi air hangat cenderung panas setiap hari memiliki kemungkinan 28 persen lebih kecil terkena penyakit kardiovaskular dan 26 persen lebih kecil kemungkinannya terkena stroke dibandingkan dengan mereka yang tidak mandi kurang dari dua kali dalam seminggu.

Berdasarkan analisis yang diterbitkan di Mayo Clinic Proceedings pada Agustus 2018 mengungkapkan, uap mandi sauna memiliki kaitan erat terhadap kesehatan jantung karena dapat membantu menurunkan tekanan darah bagi penderita tekanan darah tinggi.

Menurut Harvard Health Publishing, orang yang memiliki tekanan darah rendah perlu berhati-hati untuk mandi sauna karena dapat menyebabkan pembuluh darah membesar. Kondisi tersebut dapat mempermudah darah mengalir, sehingga tekanan darah turun hingga menyebabkan pusing serta sakit kepala ringan.

 

2. Meredakan Nyeri Sendi dan Otot

Menurut Journal of Applied Physiology pada Desember 2020 menyatakan bahwa pemandian air panas termasuk termoterapi yang memiliki beberapa manfaat yang sama dengan olahraga, termasuk perbaikan peradangan kronis tingkat rendah.

Penelitian kecil pada 2019 yang diterbitkan oleh International Journal of Biometeorology melibatkan 50 perempuan berusia 18-50 tahun penderita fibromyalgia, di mana mereka diminta untuk menghabiskan 20 menit di kolam air panas selama lima kali dalam dua minggu atau dua kali seminggu dalam lima minggu.

Hasilnya, intensitas nyeri menurun secara signifikan pada kedua kelompok setelah satu bulan.

Jika kamu merasakan lelah, stres, badan pegal-pegal hingga nyeri otot, kamu dapat meredakannya dengan mandi air hangat. Tak hanya itu, mandi air hangat juga ampuh mengangkat minyak dan kotoran di lapisan terluar kulit sehingga badan menjadi lebih bersih dan bersinar.

 

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Menurut International Journal of Environmental Research and Public Health pada 2019, berendam dalam air hangat dapat meningkatkan neutropik yang pada saat bersamaan dapat mengurangi hormon stres kortisol.

Studi Age and Aging pada 2017 juga menemukan bahwa lelaki paruh baya yang mandi sauna secara rutin memiliki risiko lebih rendah terkena demensia dan penyakit Alzheimer.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co