Tarif Jalan Tol Palembang-Prabumulih Masih Rp20.500 Sekali Melintas

Tarif Jalan Tol Palembang-Prabumulih Masih Rp20.500 Sekali Melintas

Tarif jalan tol Palembang-Prabumulih masih Rp20.500 sekali melintas.-Foto: dok/lahatpos.co-

Dari Banda Aceh hingga Lampung sepanjang 2.765 km jalan tol. Terdiri dari 24 ruas jalan tol yang tersebar di Pulau Sumatera. Pembangunan jalan tol ini ditargetkan selesai pada tahun 2024.

“Kami melaksanakannya dengan dedikasi yang tinggi karena kita tahu tujuan dari infrastruktur yang kita bangun ini untuk apa," ujarnya.

Jalan tol Trans Sumatera merupakan bagian dari Proyek Strategis Nasional (PSN) yaitu proyek infrastruktur yang bersifat strategis meningkatkan pertumbuhan ekonomi, pemerataan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, dan pembangunan di daerah. 

Pembangunan jalan tol adalah upaya pemerintah mewujudkan pembangunan infrastruktur merata di seluruh Indonesia. Dengan begitu, istilah Jawa-sentris akan berganti menjadi Indonesia-sentris.

Sejalan dengan kunjungannya pada akhir September lalu, Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto menegaskan bahwa jalan tol Trans Sumatera akan bisa digunakan pada Lebaran tahun mendatang.

Salah satunya Jalan tol Padang-Sicincin.

Hadi Tjahjanto mengatakan, akan sejumlah infrastruktur tambahan untuk Jalan tol Padang-Sicincin.

Pekerjaan struktur yang telah rampung diantaranya 5 jembatan under bridge, 2 jembatan sungai/irigasi, 12 perlintasan box traffic, 2 perlintasan box pedestrian. 

Adapun total panjang mainroad jalan tol ini adalah 36,6 km, pekerjaan konstruksi jalan tol. 

Terus dilanjutkan dengan berbagai strategi seperti mengupayakan metode kerja yang efektif dan efisien, serta penggunaan digitalisasi konstruksi. 

Digitalisasi konstruksi yang digunakan dalam pelaksanaan pekerjaan proyek ini juga beragam. 

Mulai dari desain yang menggunakan Building Information Modelling (BIM) dan Light Detection and Ranging (LIDAR). 

Hingga dalam pengerjaan tanahnya menggunakan salah satu teknologi yang paling mutakhir.

Yakni Kolom Grout Modular (KGM), atau perbaikan tanah meliputi proses pengeboran lapisan tanah dan menginjeksi pasta beton sebagai penyalur beban ke lapisan tanah keras di bawahnya.

Menariknya, pembangunan jalan tol yang melewati berbagai jenis jalur seperti jalan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: