Era Cik Ujang-Haryanto, APBD Lahat Naik Signifikan Selama Lima Tahun Menjadi Rp 2,6 Triliun

Era Cik Ujang-Haryanto, APBD Lahat Naik Signifikan Selama Lima Tahun Menjadi Rp 2,6 Triliun

Bupati Lahat H Cik Ujang SH didampingi Wabup H Haryanto dalam rapat paripurna IV masa persidangan pertama tahun sidang 2023-2024 dalam rangka pengumuman akhir masa jabatan bupati dan wakil bupati Kabupaten Lahat masa jabatan 2018-2023, --

Lahatpos.co - Era Bupati Lahat H Cik Ujang SH dan Wakil Bupati Lahat H Haryanto SE MM MBa periode 2018-2023 membuat legislatif kagum, lantaran telah mampu meningkatkan pendapatan daerah pada APBD dari Rp 1,8 triliun menjadi Rp 2,6 triliun. 

 

Hal itu diutarakan Ketua DPRD Lahat Fitrizal Homizi ST MSi MM saat rapat paripurna IV masa persidangan pertama tahun sidang 2023-2024 dalam rangka pengumuman akhir masa jabatan bupati dan wakil bupati Kabupaten Lahat masa jabatan 2018-2023, Senin 27 November 2023 di Gedung DPRD Lahat. 

 

Menurut Fitrizal, jabatan bupati dan wakil bupati sudah berjalan 5 tahun dan masa jabatannya berakhir 9 Desember 2023. Selama ini diakuinya bahwa hubungan eksekutif dan legislatif telah terjalin harmonis. 

 

"Kinerja pemerintah bersama legislatif sangat diapresiasi, telah bekerja optimal memaksimalkan misi seperti peningkatan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dari Rp 1,8 triliun menjadi Rp 2,6 trilun di tahun 2023," ujar politisi Partai Demokrat Lahat. 

 

Selain itu, pertumbuhan ekonomi naik dari 4,3 persen menjadi 6 persen. Infrastruktur jalan cor aspal 58 persen menjadi 79 persen. Lalu program pendidikan sekolah gratis dan kesehatan gratis telah berjalan dengan baik. 

 

"Lahat pun berhasil turunkan angka stunting menjadi 19 persen, ini menunjukkan hasil yang positif. Kemudian Pemkab juga telah sukses dalam penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Sumsel 2023 dan keluar sebagai juara umum di olahraga provinsi terbesar ini," ujarnya. 

 

Kata Fitrizal, bahwa Unsur Pimpinan dan DPRD memberikan apresiasi, Kabupaten Lahat juga telah banyak menerima penghargaan, seperti piala adipura dari Kementrian Lingkungan Hidup Republik Indonesia, raihan penghargaan WTP 9 kali berturut-turut. Termasuk Pemkab Lahat berhasil turunkan angka kemiskinan dan menurunkan laju inflasi.  

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: apbd lahat naik