Pelatihan Senam Ergonomik Berbasis Spritual terhadap Perubahan Kadar Asam Urat pada Masyarakat Lansia di SP 6

Pelatihan Senam Ergonomik Berbasis Spritual terhadap Perubahan Kadar Asam Urat pada Masyarakat Lansia di SP 6

Pelatihan Senam Ergonomik Berbasis Spritual terhadap Perubahan Kadar Asam Urat pada Masyarakat Lansia di SP 6.--

LAHATPOS.CO, Lahat - Program studi Keperawatan Lahat menggelar Pelatihan Senam Ergonomik Berbasis Spritual terhadap perubahan kadar Asam Urat pada masyarakat Lansia di Kelurahan SP6 Sari Bungamas Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat tahun 2023.

Kegiatan ini dalam rangka pengabdian masyarakat Dosen Program Studi Keperawatan Lahat tahun 2023. 

Seiring peningkatan pendapatan perkapita sehingga kemakmuran penduduk di suatu negara meningkat menyebabkan perubahan gaya hidup terutama di kota-kota besar. 

Dengan pendapatan yang meningkat, daya beli pun semakin tinggi sehingga pola makan telah tergeser.

Dari pola makan tradisional yang mengandung banyak karbohidrat dan serat dari sayuran menjadi pola makan kebarat-baratan dengan komposisi makanan yang terlalu banyak mengandung protein, lemak, gula, garam, dan sedikit mengandung serat. 

Asam urat adalah penyakit yang menyerang persendian-persendian tubuh. 

Asam urat umumnya menyerang sendi jari tangan, tumit, jari kaki, siku, lutut dan pergelangan tangan. 

Rasa sakit atau nyeri yang ditimbulkan asam urat ini sangat menyakitkan. 

Penyakit ini dapat membuat bagian-bagian tubuh yang terserang mengalami pembengkakan dan peradangan, sehingga menambah rasa sakit yang dialami oleh pasien. 

(WHO) 2017, Prevalensi artritis gout di dunia sebanyak 34,2% artritis gout sering terjadi di negara maju seperti Amerika. 

Prevalensi artritis gout di Negara Amerika sebesar 26,3% dari total penduduk. 

Peningkatan kejadian artritis gout tidak hanya terjadi di negara maju saja. Dari data Dinas Kesahatan Lahat penyakit artritis gout atau sejenisnya sebesar 16,9 % yang menduduki peringkat ketiga dari sepuluh penyakit terbanyak yang ada di Kabupaten Lahat.  

Kelurahan SP6 Saribungamas Kecamatan Lahat Kabupaten Lahat, menurut data dari puskemas pambantu jumlah lansia tersebut, diketahui 76 lansia dan pralansia yang aktif mengikuti posbindu dari sebagian  lansia dan pralansia ada 31 orang mengalami nyeri artritis gout dan sejenisnya. 

Pengabdian masyarakat yang dilakukan Dosen Poltekkes Kemenkes Palembang Prodi Keperawatan Lahat dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 15 November tahun 2023 bertempat di Posyandu Lansia SP 6 Kelurahan Sari Bungas Kecamatan Kota Lahat Kabupaten Lahat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: