Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Wadah Kolaborasi Bawaslu dan Masyarakat

Sosialisasi Pengawasan Partisipatif, Wadah Kolaborasi Bawaslu dan Masyarakat

Ketua Bawaslu Kota Pagar Alam Nurweni saat menyampaikan materi terhadap peserta--Wahyu/Lapos

LAPOS, Pagar Alam- Pengawasan Partisipatif merupakan wadah kolaborasi antara Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dengan masyarakat dalam meningkatkan fungsi pencegahan dan pengawasan.

 

Hal ini disampaikan Ketua Bawaslu Kota Pagar Alam, Nurweni pada kegiatan Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Bawaslu Kota Pagar Alam dalam mengoptimalkan peran masyarakat untuk pengawasan pemilu yang transparan dan adil pada pemilu serentak Tahun 2024, bertempat di Hote Favour, Kamis 5 Oktober 2023.

 

“Disini kita sadar bahwa bawaslu tidak dapat melakukan pengawasan secara optimal dikarenakan keterbatasan personel, sehingga membutuhkan peran serta masyarakat agar turut andil dalam melakukan pengawasan,” ujar Nurweni.

 

Urgensi pengawasan partisipatif dikatakan Nurweni perlu disosialisasikan kepada masyarakat karena pemilu merupakan hajat atau pesta demokrasi milik rakyat, sementara ada keterbatasan jumlah anggota pengawas pemilu dibanding persoalan pemilu yang terus berkembang.

 

"Ekspektasi masyarakat yang tinggi terhadap pengawas pemilu dibutuhkan keterlibatan berbagai pihak dalam pengawasan pemilu sesuai dengan peran dan fungsinya masing-masing," jelasnya.

 

Dengan demikian, Nurweni berharap kegiatan ini memberikan kesadaran partisipasi masyarakat untuk melakukan pengawasan mengawal proses demokrasi ke arah yang lebih baik.

 

“Keterlibatan masyarakat dalam setiap tahapan pemilu menjadi langkah strategis untuk mengawal proses demokrasi sehingga dapat menghasilkan pemimpin yang amanah dan berkualitas,” ungkapnya. (why)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: