Cabor Wushu Sumbang 7 Emas, OKU Naik Peringkat 8 Porprov XIV Lahat

Cabor Wushu Sumbang 7 Emas, OKU Naik Peringkat 8 Porprov XIV Lahat

Cabor Wushu Sumbang 7 Emas, OKU Naik Peringkat 8 Porprov XIV Lahat.--

LAHAT, Lahatpos.co -  Kontingen OKU semula berada pada peringkat 10 besar dari 17 kabupaten/kota. Sekarang sudah berada pada peringkat 8. 

Hal ini berdasarkan update sementara klasemen perolehan medali Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) XIV Sumsel di Kabupaten Lahat, Sabtu, 23 September 2023 pukul 17.00 WIB.

Kontingen OKU berhasil mengumpulkan 116 medali dengan rincian 27 emas, 31 perak dan 58 perunggu. 

OKU naik peringkat 8 setelah Cabor Wushu OKU berhasil mengumpulkan  7 emas. 

Ketua Umum KONI OKU, M Fahruddin AMd melalui Sekum, Aprili Mauludin SKom saat rapat evaluasi terakhir di Hotel Cendrawasih Lahat menyampaikan apresiasi kepada seluruh atlet para pejuang OKU yang telah bertanding dengan maksimal. 

“Kita ucapkan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para atlet pejuang Kabupaten OKU yang telah bertanding dengan maksimal untuk membela daerahnya. Dengan perolehan medali yang ada sekarang kita yakin masih masuk 10 besar, antara peringkat 7 atau 8,” ujar Aprili saat memimpin rapat evaluasi Jumat malam (22/9/2023) bersama Wakil Ketua Bidang Pembinaan dan Prestasi, Ahmad Ziyadi.

Dikatakan Aprili, meski belum bisa mempertahankan capaian prestasi pada Porprov XIII OKU RAYA Tahun 2021, KONI OKU sudah sangat berterima kasih kepada para pejuang OKU. Soalnya, meski dengan serba keterbatasan mulai dari keterbatasan dana sehingga atlet yang bertanding di Lahat jauh berkurang dibandingkan ketika Porprov di OKU Raya. 

“Kalau di OKU Raya pada 2021 kita menurunkan 422 atlet, pada Porprov XIV di Lahat ini kita hanya membawa 221 atlet. Jadi separuh dari Porprov sebelumnya. Dan yang lebih membanggakan lagi, semua atlet kita adalah asli hasil pembinaan dan pengkaderan dari masing-masing Cabor. Tidak satu pun mengambil atlet dari luar OKU,” tegas Aprili.

Kenapa demikian, kata Aprili, ini sesuai dengan pesan dan permintaan Bupati OKU terdahulu, alm H Kuryana Aziz.  

“Pak Kuryana (alm) berpesan agar kita tidak mengambil atlet dari luar. Dan harus memaksimalkan atlet asli OKU. Begitu pun dengan Pak Pj Bupati OKU H Teddy Meilwansyah juga bangga bahwasanya atlet kita asli produk sendiri,” papar Aprili. 

Saat ini hampir seluruh atlet OKU sudah mulai meninggalkan Kabupaten Lahat. Hanya sebagian kecil yang masih bertanding hingga Sabtu, yakni Wushu, Woodball, Atletik dan Bridge. 

Wakil Ketua KONI Bidang Pembinaan dan Prestasi Ahmad Ziyadi berpesan kepada para pengurus Cabor dan Pelatih agar tetap membina atletnya masing-masing dan terus berlatih. 

“Lakukan evaluasi dan jadikan hasil porprov XIV di Lahat ini sebagai titik tolak untuk mengevaluasi para atletnya. Jangan berputus asa bagi yang belum berhasil, teruslah berlatih. Jaga atlet kita jangan sampai hengkang dan membela daerah lain. Dan apa yang disampaikan Pak Sekum (Aprili) memang benar. Kita bangga karena kita memang betul-betul mengirim atlet lokal hasil binaan kita sendiri,” tambah Ahmad Ziyadi.

Untuk menghadapi Porprov yang akan datang, kata Ziyadi, KONI sudah menyusun program dan mudah-mudahan sudah bisa diterapkan pada 2024, terkait dengan pembinaan atlet dan pelatih masing-masing Cabor. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: