Manfaat Olahraga Arung Jeram untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Manfaat Olahraga Arung Jeram untuk Kesehatan Tubuh dan Mental

Arung jeram sungai Lematang lahta-Foto Novri Yanto -Lahatpos.co

Lahatpos.co - Olahraga Air seperti Arung Jeram mulai banyak digandrungi oleh masyarakat, Tak terkecuali di Kabupaten lahat, terkenal dengan sungai Lematang yang di dapuk sebagai salah satu sungai dengan pemandangan yang indah di Sumatera Selatan tentu sangat untuk dinikmati sembari melakukan Arung Jeram.

bukan hanya soal pemandangan, ternyata olahraga seru satu ini memiliki segudang manfaat lho bagi kesehatan

simak disini 

1.Melatih Kekuatan Otot Tubuh

Para peserta arung jeram memang terlihat hanya duduk di perahu dan bergerak sesuai dengan gelombang air yang menggerakkan perahu. Namun hal ini belum semuanya terlihat, karena olahraga orang jeram ini membuat tubuh menjadi terlatih. Hal ini disebabkan karena saat perahu bergerak, maka badan dituntut untuk seimbang agar tidak jatuh. Selain itu saat air tidak banyak menggerakkan perahu, maka perahu harus digerakkan dengan tenaga dayung dari semua peserta dalam perahu.

Pembentukan otot tubuh ini dapat dilakukan dengan sejumlah olahraga seperti :

manfaat jogging

manfaat bermain bulu tangkis

manfaat olahraga basket

 

2.Membantu Pembakaran Kalori Tubuh

Apakah anda sedang melakukan diet untuk menurunkan berat badan? Sesekali cobalah manfaat olahraga arung jeram, ketika jenuh dengan program diet dijalani. Dalam gerakan arung jeram, posisi tubuh dituntut untuk melakukan berbagai jenis gerakan. Gerakan mendayung diperlukan saat perahu berada di debit air yang stabil, sementara perahu membutuhkan gerakan kuat untuk mempertahankan perahu saat berada dalam debit air yang kencang.

Jika berbagai jenis gerakan dalam arung jeram dilakukan secara terus menerus maka tanpa disadari metabolisme tubuh untuk pembakaran kalori menjadi lebih cepat. Hal ini akan membantu program diet yang sedang dijalani.

3. Memperkuat Otot Jantung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co