Melihat Manfaat Labu Kuning Bagi kesehatan Tubuh, Salah Satunya Untuk Jantung

Melihat Manfaat Labu Kuning Bagi kesehatan Tubuh, Salah Satunya Untuk Jantung

manfaat labu kuning bagi kesehatan-sumber foto google-lahatposco

Lahatpos.co – pasti tidak asing lagi dengan labu kuning, buah satu ini memiliki ragam manfaat bagi kesehatan tubuh kita, terkenal dengan kaya akan antioksidan ternyata labu kunging juga baik untuk kesehatan jantung.

Bukan hanya jantung saja, berikut manfaat labu kung bagi kesehatan tubuh yang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Baik untuk kesehatan mata

Labu kaya akan vitamin dan mineral sementara rendah kalori. Selain itu juga memiliki kandungan beta-karoten, karotenoid yang tinggi dan akan diolah tubuh menjadi vitamin A.

Penelitian menunjukkan bahwa kekurangan vitamin A adalah penyebab kebutaan yang sangat umum.



Dalam sebuah analisis dari 22 penelitian, para ilmuwan menemukan bahwa orang dengan asupan beta-karoten yang lebih tinggi memiliki risiko katarak yang jauh lebih rendah, penyebab umum kebutaan.

Selain itu, labu juga merupakan sumber lutein dan zeaxanthin terbaik. Menurut studi terpercaya, kedua senyawa tersebut dapat menjaga penglihatan karena faktor usia dan katarak.

2. Mengurangi risiko penyakit kronis


Radikal bebas merupakan molekul yang dihasilkan metabolisme tubuh.

Jika masih dalam kadar yang cukup, radikal bebas berperan menghancurkan bakteri. Namun, jika berlebihan dapat menyebabkan rusaknya sel tubuh dan menjadi penyakit kronis.

Kandungan antioksidan pada labu seperti alpha-karoten, beta-karoten dan beta-cryptoxanthin. Ini dapat menetralkan radikal bebas, dan dapat menghentikannya dari merusak sel tubuh.

Uji tabung dan penelitian pada hewan telah menunjukkan bahwa antioksidan ini melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari dan menurunkan risiko kanker, penyakit mata, dan kondisi lainnya.



3. Dapat meningkatkan kekebalan tubuh

Studi menunjukkan bahwa vitamin A dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan membantu melawan infeksi.


Labu juga mengandung vitamin C yang tinggi , yang telah terbukti dapat meningkatkan produksi sel darah putih, membantu sel-sel kekebalan tubuh bekerja lebih efektif dan membuat luka lebih cepat sembuh.

Selain dua vitamin yang disebutkan di atas, labu juga merupakan sumber vitamin E, zat besi, dan folat yang baik. Semua kandungan tersebut telah terbukti membantu sistem kekebalan tubuh.

 

4. Dapat menurunkan berat badan

Labu memiliki kandungan kalori yang sangat rendah, tetapi kaya akan nutrisi.

Menurut suatu studi, kandungan labu di bawah 50 kalori per cangkir (245 gram) dan terdiri dari sekitar 94 persen air.

Sederhananya, labu adalah makanan ramah penurun berat badan karena kamu dapat mengonsumsinya lebih banyak daripada sumber karbohidrat lain seperti nasi dan kentang.

Labu juga sumber serat yang baik, yang dapat membantu mengurangi nafsu makan. Sehingga cocok dimasukkan ke dalam menu diet rendah kalori.

5. Dapat mencegah kanker

Sel kanker menghasilkan radikal bebas untuk membantu mereka berkembang biak dengan cepat.

Labu waluh atau labu kunging memiliki kandungan karotenoid yang tinggi, yaitu senyawa yang dapat berfungsi sebagai antioksidan.

Hal ini memungkinkan mereka untuk menetralisir radikal bebas, yang dapat melindungi dari kanker tertentu.

Berdasarkan analisis dari 13 penelitian menunjukkan bahwa orang dengan asupan alfa-karoten dan beta-karoten yang lebih tinggi memiliki risiko kanker perut yang jauh lebih rendah

Banyak penelitian pada manusia lainnya telah menemukan bahwa individu dengan asupan karotenoid yang lebih tinggi memiliki risiko kanker tenggorokan, pankreas, payudara, dan kanker lainnya yang lebih rendah.



6. Baik untuk kesehatan jantung

Menurut studi, kandungan potasium, vitamin C dan serat, yang tinggi dapat bermanfaat bagi kesehatan jantung.

Penelitian telah menunjukkan bahwa orang dengan asupan kalium yang lebih tinggi tampaknya memiliki tekanan darah yang lebih rendah dan penurunan risiko stroke yang merupakan faktor risiko penyakit jantung.

Labu juga kaya akan antioksidan, yang dapat melindungi kolesterol LDL atau kolesterol “jahat” dari oksidasi.

Ketika partikel kolesterol LDL teroksidasi, mereka dapat menggumpal di sepanjang dinding pembuluh darah, yang dapat membatasi pembuluh darah dan meningkatkan risiko penyakit jantung.



7. Menjaga kesehatan kulit

Studi menunjukkan bahwa karotenoid seperti beta-karoten dapat bertindak sebagai tabir surya alami.

Studi lain menunjukkan bahwa di dalam tubuh, karotenoid diangkut ke berbagai organ termasuk kulit. Di sini, mereka membantu melindungi sel-sel kulit dari kerusakan akibat sinar UV yang berbahaya.



itulah ragam manfaat labu kuning bagi kesehatan tubuh kita, semoga bermanfaat.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: lahatpos.co