Sukses Bidang Pertanian, Kelompok Wanita Tani desa Gunung Agung Kini Kembangkan Usahanya di Bidang Perternakan

Sukses Bidang Pertanian, Kelompok Wanita Tani desa Gunung Agung Kini Kembangkan Usahanya di Bidang Perternakan

PPL desa gunung agung Yudi saat pembuatan kandang ayam kampung jenis kub di desa Gunung Agung Kecamatan Merapi barat--

LAHATPOS.CO,Merapi Barat -
Mantap, Kelompok Wanita Tani (KWT Maju Bersama ) desa Gunung Agung Kecamatan Merapi barat, setelah sukses dengan budidaya sayuran yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu,kini Kelompok Wanita Tani dibawah pimpinan Diah Astuti ini mengembangkan usahanya dibidang peternakan.

Yudi,Penyuluh Pertanian Lapangan desa Gunung Agung  saat dibincangi media lahatpos.co Kamis ,3 Agustus 2023 mengungkapkan bahwa setelah sukses melaksanakan program pertanian yaitu budidaya sayuran beberapa waktu lalu kini Kelompok Wanita Tani ( KWT Maju Bersama ) desa Gunung Agung terus mengembangkan usahanya  yaitu dengan mengembangkan  budidaya ayam petelur.

"Untuk jenisnya sendiri kalau tidak salah jenis ayam Petelur  KUB ( Ayam Kampung Unggulan Balitbangtan)
Ayam petelur jenis KUB ini merupakan jenis ayam kampung unggul namun sudah mengalami penyilangan sebanyak 6 generasi"

"Adapun keuntungan dalam pemeliharaan ayam kampung jenis KUB ini  yaitu mudah dalam perawatannya serta lebih menjanjikan ketimbang  ayam kampung biasa karena ayam jenis KUB ini dapat menghasilkan telur setiap harinya"

Selain itu ayam jenis KUB ini merupakan ayam untuk meningkatkan produksi telur dan ayam jenis ini informasinya tidak bisa mengeram seperti kebanyakan ayam kampung  pada umumnya

Selain itu juga keunggulan ayam kampung jenis KUB ini juga pertumbuhan berat badannya juga cepat sehingga diharapkan  produksi telurnya juga dapat meningkat.

Untuk program budidaya ayam jenis KUB ini untuk desa Gunung Agung saat ini mendapatkan bantuan dari Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Sumsel.

Untuk awal ini Kelompak Wanita Tani Maju Bersama desa Gunung Agung masih tahap membuat kandang sebanyak 25 kandang dan akan dibagikan kepada setiap anggota Kelompok Wanita Tani desa Gunung Agung.

"Saat ini juga baru kita persiapkan kandang sebanyak 25 kandang dan kemungkinan besok untuk pakan nya baru akan sampai"

"Semoga usaha Kelompok Wanita Tani desa Gunung Agung dibidang peternakan ayam KUB ini bisa sukses melaksanakan usaha budidaya nya disamping kegiatan budidaya sayuranya tetap jalan dengan tambahan kegiatan perternakan ini bisa menjadi contoh desa lain dan utamanya bisa mensejahterakan anggotanya"Tutupnya (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: