PT Dizamatra Powerindo Menjadi Tambang Batubara Swasta Pertama Dikunjungi Unsri, Simak Yuk Kegiatannya

PT Dizamatra Powerindo Menjadi Tambang Batubara Swasta Pertama Dikunjungi Unsri, Simak Yuk Kegiatannya

PT Dizamatra Powerindo terpilih menjadi tujuan Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Kali ini 69 Mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya (UNSRI) Tahun Angkatan 2021. --

LAHATPOS.CO, Merapi Barat - Untuk kesekian kalinya PT Dizamatra Powerindo terpilih menjadi tujuan Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Kali ini 69 Mahasiswa dari Program Studi (Prodi) Teknik Pertambangan Universitas Sriwijaya (UNSRI) Tahun Angkatan 2021. 

Mahasiswa KKL didampingi oleh Dosen Pembimbing kunjungi PT. Dizamatra Powerindo dalam rangka Kuliah Kerja Lapangan (KKL) tahun 2023 yang mana dilaksanakan pada Senin, 17 Juli 2023 lalu.


--

“69 Mahasiswa Prodi Teknik Pertambangan UNSRI tahun Angkatan 2021 ini telah melewati Semester IV dan akan memasuki Semester V artinya para mahasiswa telah menerima dasar-dasar pengetahuan mengenai Teknik Pertambangan secara teori di kampus,” ujar Kepala Teknik Tambang (KTT) PT Dizamatra Powerindo, Bertha Andrian kepada lahatpos.co, Senin, 17 Juli 2023.

Dengan demikian, perlunya dilakukan pengenalan secara langsung penerapan atau implementasi ilmu Teknik Pertambangan di Lapangan. 


--

Mahasiswa juga perlu dikenalkan secara langsung di lapangan bagaimana kegiatan proses penambangan batubara yang baik.

Jadi tujuan KKL dari mahasiswa UNSRI ini adalah sebagai pengenalan awal lapangan agar mahasiswa mengetahui bagaimana penerapan terhadap ilmu-ilmu Teknik pertambangan yang telah diterima di kampus, dan bagaimana praktek praktek pertambangan yang ideal sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu KKL ini juga momen yang tepat untuk mengenalkan kepada mahasiswa. Bagaimana urutan kegiatan penambangan yang telah dilakukan serta teknologi-teknologi dan peralatan apa saja yang digunakan dalam setiap tahap proses. 

Dimulai dari kegiatan pembersihan lahan (land clearing), kegiatan pengupasan tanah pucuk (untop soiling), pengupasan batuan penutup (Overburden/Waste) serta penempatan di Disposal, kegiatan penambangan batubara (Coal Getting), penimbunan batubara di Stockpile serta kegiatan pengolahan/pengecilan ukuran batubara dengan Crushing Plant. 

Kemudian kegiatan pengangkutan batubara dengan menggunakan Container Truck melalui jalan Khusus milik menuju ke Stasiun Sukacinta kemudian diangkut dengan Kereta Api menuju ke Pelabuhan Patratani.

Kegiatan KKL ini juga mengenalkan kepada mahasiswa terhadap Hilirisasi Batubara yang mana PT Dizamatra Powerindo adalah pemasok batubara tunggal untuk PLTU mulut tambang PLTU Keban Agung PT. Priamanaya Energi yang juga merupakan satu group dengan PT Dizamatra Powerindo. 

Bukan hanya itu, menurut Bertha Andrian, tujuan lain dari KKL ini adalah sebagai gambaran atas penerapan-penerapan Keselamatan Pertambangan baik Keselamatan, Kesehatan Kerja dan lingkungan maupun Keselamatan Operasi, karena kegiatan pertambangan memiliki resiko yang cukup tinggi sehingga penerapan Sistem Manajemen Keselamatan Pertambangan sesuai dengan aturan perundang-undangan wajib diterapkan.

“Kami dari Pihak Perusahaan merasa bersyukr dan bangga karena PT Dizamatra Powerindo dipilih Oleh Prodi Teknik Pertambangan UNSRI sebagai Perusahaan Tambang Batubara Swasta Pertama untuk kegiatan Kuliah Kerja Lapangan. Sehingga kami berharap apa yang disampaikain oleh pendamping-pendamping lapangan dapat bermanfaat bagi adik-adik mahasiswa UNSRI. Semoga ini menjadi awal dari silaturahmi yang baik antara perusahaan dengan UNSRI. Dan kami memberi ruang kepada UNSRI untuk kegiatan Kerja Praktek dan Tugas Akhir maupun penelitian lainnya di bidang pertambangan batubara“. Tutupnya.*

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: