Ternyata Ada Tiga Unsur yang Menentukan Dalam Lomba Posyandu Berprestasi

Ternyata Ada Tiga Unsur yang Menentukan Dalam Lomba Posyandu Berprestasi

Penilaian lomba posyandu berprestasi desa Muara Lawai Kecamatan Merapi Timur Lahat --

LAHATPOS.CO, Merapi Timur -Tim penilai lomba posyandu berprestasi tingkat provinsi Sumatera Selatan kunjungi posyandu Mawar  desa Muara Lawai Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat.

Atas pencapaian prestasi ini tim penilai propinsi yang dipimpin Imam Subroto SKM MKes mengunjungi posyandu Mawar desa Muara Lawai guna melakukan penilaian dalam lomba posyandu berprestasi tingkat provinsi sumatera selatan tahun 2023.

Kepada lahatpos.co ketua tim penilai lomba posyandu Imam Subroto SKM MKes, mengatakan, dalam lomba posyandu ini telah melalui beberapa tahap dan Kabupaten Lahat telah menunjuk dan menetapkan posyandu Mawar desa Muara Lawai terpilih mewakili Kabupaten Lahat.

Selanjutnya apa saja yang akan kita nilai,kita akan verifikasi lapangan berapa jumlahnya ,propil nya bagaimana , pencapaian dari posyandu bagaimana,apakah ada masalah-masalah apakah masih ada stunting di posyandu tersebut" Kata Imam

"Dan selanjutnya nanti akan ada skornya dan akan dibandingkan dengan 17 Kabupaten kota lain yang ada di Propinsi Sumsel dan dari 17 Kabupaten kota ini akan ada tiga pemenang nantinya"

Menurut Kepala Seksi Promkes dan Pemberdayaan Masyarakat Dinkes Provinsi Sumatera Selatan ini ada tiga unsur yang mendukung penilaian dalam lomba posyandu ini.

Yang pertama adalah masukan yaitu terkait SK  ( surat keputusan ) regulasinya bagaimana,dan keterlibatan lintas sektor, SDM nya bagaimana,serta alat-alat posyandu apakah sudah lengkap apa belum"

"Unsur yang kedua adalah proses, proses pelaksanaan posyandu bagaimana, termasuk apakah ada inovasi nya serta apakah sudah pencapaian sudah sampai 100 persen atau belum.

misalkan dari total seluruh balita yang ada di desa apakah sudah datang semua atau belum, nah jika belum bisa datang semua maka  kader posyandu akan melakukan kunjungan ke rumah-rumah.

Dan yang ketiga adalah Output nya atau hasilnya bagaimana dengan status gizinya apakah pemeriksaan ibu hamil sudah lengkap atau belum sehingga jika semua sudah lengkap apa belum.

Jika semua sudah tercakup dan  pelayanan terpenuhi maka akan di dapatkan generasi muda yang sehat sehingga balita tidak mudah sakit sehingga terciptalah Kabupaten Lahat yang Bercahaya " Tutupnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: