Batik Empat Lawang Beda Dengan Daerah Lain

Batik Empat Lawang Beda Dengan Daerah Lain

Sekda Empat Lawang Fauzan Khoiri Denin, mengenakan batik khas Empat Lawang saat penutupan Festival Saling Keruani Sangi Kerawati di Empat Lawang Expo.--

Empat Lawang, Lahatpos.co - Rencananya batik asli Kabupaten Empat Lawang akan dijadikan batik formal, namun jika ada kreasi motif-motif batik daerah yang lain tidak dilarang.

Untuk motif yang diambil itu mengambil simbol Tugu Empat Lawang dan Gerbang Selamat Datang

Tadinya motif Batik Empat Lawang tersebut akan menerapkan kearifan lokal, seperti buah dan tanaman yang ada di Empat Lawang.

Namun dikarenakan buah dan tanaman yang ada di Empat Lawang sama dengan yang ada di kawasan Besemah Sumatera Selatan, baik itu kopi, durian, padi atau yang lainnya. Maka diambilkan Tugu Lambang Daerah dan Gapura Selamat Datang.

Bupati Empat Lawang Joncik Muhammad melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Empat Lawang, Fauzan Khoiri Denin mengatakan, dalam waktu dekat Pemkab Empat Lawang akan merilis Peraturan Bupati (Perbup) mengenai batik khas Empat Lawang, sekaligus membagikan bahan batik tersebut.

"Tapi karena ini belum teranggarkan, jadi untuk sementara kita bersifat mandiri. Ada rekan kita yang siap memfasilitasi pengadaan batik," kata Fauzan.

Diharapkan kedepan, kepada semuanya dapat berpartisipasi untuk mandiri dengan harapan seragam batik tersebut akan menjadi maskot daerah Empat Lawang.

"Dimana jika ada orang yang makai itu kita tahu, secara spesifik orang Empat Lawang," ungkapnya. *

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: empat lawang