Pemda Lahat

Pemdes Sirah Pulau Bersama Babinsa Gotong Royong Normalisasi Sungai Nelung

Pemdes Sirah Pulau Bersama Babinsa Gotong Royong Normalisasi Sungai Nelung

Pemerintah Desa Sirah Pulau dibantu Babinsa Koramil 405/02 Merapi bersama masyarakat gotong royong normalisasi Sungai Nelung di Desa Sirah Pulau Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, Sabtu, 18 Maret 2023.--

LAHATPOS.CO, Merapi Timur -  Pemerintah Desa Sirah Pulau dibantu Babinsa Koramil 405/02 Merapi  bersama masyarakat gotong royong normalisasi Sungai Nelung di Desa Sirah Pulau Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, Sabtu, 18 Maret 2023.


--

Sungai Nelung ini sudah lama tidak dinormalisasi, selama kurang lebih 8 tahun.

“Bahkan sampai saat ini belum pernah dinormalisasi sehingga hari Ini Pemerintah Desa bersama Babinsa Koramil 405/02 Merapi dan masyarakat juga dibantu alat berat dari PTBA gotong royong untuk normalisasi Sungai Nelung ini," ujar Kepala Desa Sirah Pulau Hendra Febriansyah saat dikonfirmasi media lahatpos.co.

Menurut Hendra, dengan dinormalisasinya Sungai Nelung sepanjang 800 meter ini diharapkan kedepanya Desa Sirah Pulau tidak banjir lagi. 

Memang beberapa waktu lalu aliran sungai dari tambang sudah dialihkan namun karena Sungai Nelung ini sudah mengalami pendangkalan, sehingga jika hujan deras debit air yang masuk ke Sungai Nelung ini, airnya akan cepat naik.

“Sehingga dengan normalisasi Sungai Nelung ini diharapkan meski hujan turun lebat diharapkan sungai mampu menampung debit air yang masuk ke Sungai Nelung ini," ungkapnya. 

Sementara itu Danramil Merapi Kapten Inf Agus Subakto menuturkan kegiatan Babinsa Koramil Merapi hari ini pembersihan aliran Sungai Nelung di pemukiman warga Desa Sirah Pulau Kecamatan Merapi Timur yang terdampak pasca banjir beberapa waktu lalu.

Alhamdulillah Babinsa Koramil siap setiap saat untuk membantu masyarakat yang memang membutuhkan bantuan.

Saat ini pasca banjir beberapa waktu lalu memang banyak sekali sampah-sampah yang masuk ke sungai sehingga Babinsa bersama masyarakat Desa Sirah Pulau gotong royong membersihkan sekaligus Normalisasi Sungai Nelung ini.

"Yang jelas Babinsa Koramil selalu siap jika dari masyarakat Kecamatan Merapi Area membutuhkan bantuan," pungkasnya. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: