Pemda Lahat

Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Gelar Muara Lawai Bertilawah dan Muara Lawai Bercahaya

Mahasiswa UIN Raden Fatah Palembang Gelar Muara Lawai Bertilawah dan Muara Lawai Bercahaya

Mahasiswa KKN dari UIN Raden Fatah Palembang gelar Muara Lawai Bertilawah dan Muara Lawai Bercahaya.--

LAHATPOS.CO, Merapi Timur - Inginkan anak anak TPA dan TPQ Desa Muara Lawai bisa membaca Alquran dengan baik dan benar dan mempunyai nilai plus, mahasiswa KKN dari UIN Raden Fatah Palembang gelar Muara Lawai Bertilawah dan Muara Lawai Bercahaya.

Program Muara Lawai Bertilawah adalah program Tilawatil Qur'an dengan seni membaca Alquran dengan lagu.

Sedangkan Program Muara Lawai Bercahaya adalah program pelatihan Da'i dan Da'iyah (Tausiyah).

Kegiatan ini diikuti oleh anak anak dari TPA dan TPQ Desa Muara Lawai Kecamatan Merapi Timur Kabupaten Lahat, Selasa 31 Januari 2023

Siti Aisyah, mahasiswa KKN dari UIN Raden Fatah Palembang kelompok 2 Desa Muara Lawai mengatakan pelajaran membaca Alquran dengan lagu ini merupakan salah satu program dari kelompok 2 UIN Raden Fatah Palembang yang sedang KKN di Desa Muara Lawai.

Harapannya dengan belajar tilawah ini  agar anak anak bisa belajar Alquran  dengan baik dan benar, serta bisa membaca Alquran dengan seni tilawah Alquran.

Karena saat ini orang yang bisa membaca Alquran dengan benar saja sudah susah untuk dijumpai.

"Terlebih ditambah dengan membaca Alquran dengan lagu kemungkinan sangat jarang sekali dijumpai," ungkapnya.

Untuk jenis jenis tilawah/lagu yang diajarkan kepada santri TPA dan TPQ di Desa Muara Lawai ada beberapa jenis lagu diantaranya lagu Bayati, Hijaz, Nahawan, Rost, Shoba, Jiharka dan Sikah.

Selanjutnya dengan program Muara Lawai Bercahaya anak anak juga akan kita berikan dengan pendidikan Da'i dan Da'iyah  yang akan kita rencanakan tahap selanjutnya.

Menurut Siti Aisyah, ada 4 TPA dan TPQ di Desa Muara Lawai dan lebih dari 60 anak anak santri TPA dan TPQ Desa Muara Lawai yang mengikuti pelajaran ini.

Anak anak cukup antusias dan senang bisa mengikuti pelajaran yang diberikan ini.

Adapun untuk kegiatan pendidikan formal mahasiswa KKN dari UIN Raden Fatah Palembang juga ikut membantu mengajar di SD Negeri 6 Desa Muara Lawai.

Sementara itu Kepala Desa Muara Lawai, Mursalin menyambut baik program kegiatan mahasiswa KKN dari UIN Raden Fatah Palembang ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: