Loker Conten Writter

Kelola Informasi dan Data Potensi SDA melalui Desa Cantik di Kabupaten Lahat

Kelola Informasi dan Data Potensi SDA melalui Desa Cantik di Kabupaten Lahat

Kepala DPMD Lahat, Darul Effendi memberikan arahan kepada peserta TOT Desa Cantik, Selasa 22 November 2022, -Novri Lahatpos.co---

LAHAT, LAHATPOS.CO - Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Lahat, Darul Effendi SE Msi menuturkan, bahwasanya dengan mengimplementasikan desa cinta statistik (Cantik) ini tentunya dapat mengelola seluruh informasi sekaligus data potensi sumber daya alam (SDA) dimiliki desa dimaksud, sehingga akan mampu menciptakan peluang dalam menambah pendapatan keluarga.

"Training of Trainer (TOT) bagi calon pembina desa cantik ini, akan mampu mengali potensi SDA maupun informasi yang dapat dikembangkan dan dimanfaatkan masyarakat desa secara benar, akurat serta terpercaya," ucapnya, Selasa 22 November 2022.

Dirinya menambahkan, pembinaan desa cantik ini bertujuan meningkatkan aparatur desa dalam mengelola dan pemanfaatan data, sehingga perencanaan pembangunan desa lebih tepat sasaran.

"Nantinya, akan dibentuk komunitas desa cantik selain aparatur desa, yang cakap mengelola data, dan dipergunakan ketika merencanakan arah kebijakan pembangunan lebih terarah dan nyata di lapangan," ungkap Darul Effendi.

BACA JUGA:Persiapan Kedatangan Presiden RI Joko Widodo, Jenderal Dudung Tinjau Jalan Bogor-Cianjur Bisa Dilalui

Disamping itu, sambung Darul, program ini juga akan meningkatkan skill (keahlian, red) pengetahuan dan literasi dari peserta TOT, dalam menjalankan peraturan, petunjuk serta kebijakan mengenai desa cantik.

"Sehingga dapat menjaga kualitas dan keterbandingan indikator statistik, dengan memanfaatkan data dimiliki di setiap desa ketika akan melaksanakan pembangunan," sebutnya.

Dirinya berharap, melalui pembinaan desa cantik ini mengindentifikasi kebutuhan desa terhadap data, sekaligus mengimplementasikan ke dalam tata kelola proses bisnis pendataan.

"Melalui TOT ini, tentunya diperoleh gambaran umum dan teknis mengenai desa cantik tersebut, pada akhirnya akan diterapkan ke seluruh desa di Kabupaten Lahat," tukas Darul Effendi.

BACA JUGA:Pos UKK Sejahtera Lubuk Mabar Raih Peringkat Pertama Tingkat Provinsi Sumsel

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Kerjasama Antar Desa, Ahmad Firdaus SP MM menuturkan, dengan adanya pembinaan TOT ini akan semakin membaik pengetahuan serta keterampilan, untuk menjalankan peraturan, petunjuk dan kebijakan tentang desa cantik.

"Sehingga kedepannya dapat membentuk calon pembina desa pada level kabupaten dari organisasi perangkat daerah (OPD) terkait," bebernya. 

Sumber: