Ratusan Lansia Ikuti Lomba Fashion Show dan Senam Lansia

Ratusan Lansia Ikuti Lomba Fashion Show dan Senam Lansia

Ketua TP PKK didampingi Ketua GOW Lahat berfoto bersama dengan jajaran Dinkes Lahat, dalam kegiatan jambore lansia, Kamis 10 November 2022, -Novri/Lahatpos.co---

LAHAT, LAHATPOS.CO - Puluhan peserta berasal dari 24 pusat kesehatan masyarakat (Puskesmas) terdiri dari pada lansia diatas usia 60 tahun, mengikuti kegiatan jambore lansia dengan perlombaan Fashion Show dan Senam Lansia.
Ketua TP PKK Kabupaten Lahat, Lidyawati Cik Ujang SHut MM didampingi Ketua GOW, Hj Sumiyati Haryanto SPd mengemukakan, secara alami menjadi tua para lansia mengakibatkan kemunduran fisik dan mental.
"Nah, untuk itulah, melalui jambore lansia ini, akan membentuk kesehatan yang sangat dibutuhkan para lansia, dalam menjaga kebugaran," urainya, Kamis 10 November 2022.
Dirinya menambahkan, salah satu permasalahan yang sangat mendasar adalah kesehatan, sehingga dibutuhkan upaya menyeluruh untuk meningkatkannya.
"Khususnya kelompok pra lansia dan lansia, dengan memberikan pemberian pelayanan dan pembinaan secara terus menerus," papar Lidyawati.
Lidyawati mengaku, melalui jambore lansia inilah wujud penghormatan dan penghargaan kepada mereka, Agata terbentuk karakter yang cerdas, sehat dan berdaya guna.
"Dengan begitu, para lansia ini akan tangguh dan tetap sehat serta aktif secara fisik, mental dan sosial," ungkapnya.
Dia meminta, tugas yang muda-muda untuk memberikan perhatian dan kepedulian kepada lansia, sehingga mereka bisa terus berkontribusi terhadap masyarakat.
"Bisa mengembangkan kemampuan untuk membantu warga, dalam hal bakti sosial (Baksos) maupun tindakan mampu menciptakan suasana yang nyaman dan juga harmonis," tukas Lidyawati.
Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kabupaten Lahat, Taufik M Putra SKM MM melalui Kepala Bidang (Kabid) Kesehatan Masyarakat (Kesmas), Hj Agustia Ningsih SKM MM mengemukakan, tentunya dengan adanya jambore lansia ini, secara otomatis akan membentuk karakter kuat terhadap lansia.
"Tentunya mereka akan tetap sehat baik secara fisik, mental maupun sosial, kendatipun usia mereka tidak muda lagi," ulasnya.
Ia menuturkan, walaupun demikian, para lansia ini begitu energik dan tidak kalah bersaing dengan anak muda, untuk urusan cara berpakaian maupun tata krama.
"Disinilah peran aktif dan memberikan rasa tanggung jawab kepada mereka, terlebih lagi ketika pada saat didalam rumah tangga," tandas Hj Agustia Ningsih.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: